Kompas.com - 08/06/2022, 22:00 WIB

KOMPAS.com - Begadang menjadi kegiatan yang bisa memicu terjadinya disfungsi ereksi pada pria hingga melemahkan gairah seks.

Menurut The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, disfungsi ereksi adalah kondisi ketika seorang pria tak mampu mendapat atau mempertahankan ereksi yang cukup kuat dalam melakukan hubungan seksual.

Di sisi lain, Petar Bajic, MD, ahli urologi dan kesehatan seksual pria yang menjadi moderator pada Men's Health di AUA 2022 menyatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang pria mengalami disfungsi ereksi.

"Seringkali disfungsi ereksi tidak hanya disebabkan oleh satu hal saja, tetapi beberapa faktor penyebab yang berbeda. Secara umum, ini dianggap sebagai masalah aliran darah, terutama bagi pria berusia lima puluhan ke atas,” kata Petar Bajic dikutip dari Everydayhealth.

Baca juga: 4 Jenis Makanan Ini Bisa Bantu Anda Tidur Nyenyak

Sementara itu para peneliti dari Universitas John Hopkins, Baltimore, Amerika Serikat menemukan sebuah fakta bahwa masalah tidur bisa mempengaruhi produksi testosteron, libido rendah, bahkan hingga mengalami disfungsi ereksi.

Para peneliti kemudian memaparkan temuan tentang masalah tidur yang bisa menyebabkan disfungsi ereksi dan produksi testosteron yang rendah.

Insomnia akut meningkatkan hipogonadisme

Hipogonadisme adalah kondisi ketika kelejar seksual (testis pada pria dan ovarium pada wanita) tidak menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup.

Karena hormon yang dihasilkan oleh kelenjar seksual kurang dari yang dibutuhkan tubuh maka bisa mengakibatkan disfungsi ereksi pada pria.

Jika terjadi disfungsi ereksi maka hasrat untuk melakukan hubungan seksual menjadi berkurang dan membuat tubuh tidak rileks.

Hormon ini diproduksi ketika kita tidur lelap. Jika kualitas tidur kita terganggu maka meningkatkan risiko hipogonadisme.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.