Kompas.com - 26/06/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Rasa gatal pada vagina sering membuat wanita merasa tak nyaman. Bahkan, saking tidak tahannya, wanita harus berulangkali menggaruk kemaluan.

Dikutip dari Healthline, gatal pada vagina bisa jadi dipicu karena vaginosis bakterialis atau infeksi vagina akibat ketidakseimbangan bakteri

Bakteri pada vagina

Ada dua bakteri di vagina yaitu Lactobacillus (bakteri baik) dan anaerob (bakteri jahat). Apabila anaerob lebih banyak, maka terjadilah gangguan kesehatan seperti vaginosis bakterialis yang kerap terjadi pada wanita usia 15-40 tahun.

Baca juga: Sering Jadi Pelumas Seks, Minyak Kelapa Bisa Sebabkan Infeksi Jamur Vagina

Selain gatal, ada gejala lain vaginosis bakterialis yang kerap membikin para wanita khawatir dan tak nyaman, yaitu:

  • Bau kemaluan amis atau seperti ikan
  • Keputihan teksur encer berwarna putih keabu-abuan atau kuning
  • Rasa sakit dan sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Keluar darah dari vagina setelah berhubungan seksual.

Mengatasi vaginosis bakterialis

Pada beberapa kasus, vaginosis bakterialis dapat sembuh dengan sendirinya, namun Anda tetap dianjurkan melakukan konsultasi dengan dokter.

1. Antibiotik setelah pemeriksaan dokter

Dilansir dari Mayo Clinic, dokter biasanya akan meresepkan obat antibiotik untuk mengatasi vaginosis bakterialis. Obat-obatan itu antara lain:

  1. Metronidazole: antibiotik yang diklaim paling efektif mengobati vaginosis bakterialis. Obat ini bisa diminum langsung (oral) atau dimasukkan ke dalam vagina (berbentuk ovula).
  2. Klindamisin: obat ini tersedia dalam bentuk krim yang dimasukkan ke dalam vagina. Hindari menggunakan obat ini saat Anda berhubungan seksual dengan kondom karena dapat merusak lateks dan menyebabkan kebocoran.
  3. Tinidazole: ini merupakan antibiotik berbentuk tablet. Biasanya digunakan oleh penderita vaginosis bakterialis yang kurang cocok dengan metrodazole.

Baca juga: Waspadai, 4 Penyakit yang Bisa Menyerang Vagina

Rasa gatal pada vagina sering membuat wanita merasa tak nyaman dan saking tidak tahannya, harus berulangkali menggaruk kemaluan. Rasa gatal pada vagina sering membuat wanita merasa tak nyaman dan saking tidak tahannya, harus berulangkali menggaruk kemaluan.

Selain periksa ke dokter dan minum obat, kita juga bisa melakukan perawatan di rumah dengan cara sederhana berikut:

2. Konsumsi makanan mengandung probiotik

Probiotik dapat membantu tubuh Anda menyeimbangkan antara bakteri yang baik dan buruk dalam tubuh Anda, sehingga tubuh Anda dapat bekerja seperti sebagaimana mestinya.

Probiotik bisa ditemukan pada beberapa makanan, seperti yogurt, kefir, tempe, dan kimchi.

3. Memakai kondom

Vaginosis bakterialis memang mengganggu sistem reproduksi, khususnya vagina wanita. Namun, kondisi ini bukan tergolong infeksi menular seksual (IMS)

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.