Kompas.com - 22/07/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Paru-paru merupakan organ vital yang berfungsi mengalirkan oksigen ke dalam tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida.

Menghirup polusi udara, asap rokok, dan iritan lainnya dapat membuat paru-paru Anda kotor. Paparan iritan bisa membuat dada orang mungkin terasa penuh, sesak, atau meradang.

Selain berbagai polutan dari lingkungan, paru-paru juga bisa kotor karena lendir yang menumpuk. Lendir yang menumpuk di paru-paru berpotensi menjadi tempat berkembang biak mikroba dan patogen.

Polutan dan lendir bisa merusak paru-paru lalu mengakibatkan penyakit terkait sistem pernapasan. Ada 2 penyakit akibat paru-paru kotor yaitu asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Baca juga: 10 Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Paru-paru yang Harus Dihindari

Demi menyiasati terkumpulnya polutan di paru-paru dan sebagai pencegahan penyakit, kita sebaiknya membersihkan organ penting tersebut.

Lantas, bagaimana cara membersihkan paru-paru? Mengutip Medical News Today, berikut 6 tips membersihkan paru-paru secara mandiri yang dapat Anda lakukan.

1. Terapi uap

Orang yang memiliki masalah paru-paru mungkin menunjukkan gejala saat udara dingin atau kering. Hal ini mengeringkan selaput lendir di saluran udara dan membatasi aliran darah.

Kondisi ini dapat diatasi dengan terapi uap atau inhalasi. Terapi ini merupakan proses menghirup uap air untuk membuka saluran udara dan membantu mengeluarkan lendir atau dahak.

Dengan terapi uap, Anda dapat merasakan kehangatan dan udara yang lebih segar. Lalu, Anda dapat kembali bernapas dengan normal karena lendir di dalam saluran udara dan paru-paru bisa keluar secara bertahap.

Terapi uap mungkin menjadi solusi yang efektif untuk sementara waktu agar dapat bernapas dengan lancar. Namun, inhalasi belum sepenuhnya bisa mengatasi masalah paru-paru.

Baca juga: 4 Gejala Infeksi Paru sesuai Jenisnya

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.