Kompas.com - 30/07/2022, 13:32 WIB

KOMPAS.com - Menstruasi umumnya terjadi selama 2-7 hari dengan volume darah yang keluar sekitar 30-70 ml. Namun, beberapa wanita mungkin pernah mengalami haid dengan durasi panjang disertai perdarahan hebat.

Kondisi ketika menstruasi berlangsung lama dengan volume darah yang lebih banyak disebut sebagai menoragia. Semua wanita yang berada di usia subur dapat mengalami menoragia.

Wanita yang mengalami menoragia harus selalu mengganti pembalut setiap satu jam sekali. Hal ini karena perdarahan hebat yang cepat membuat pembalut penuh.

Baca juga: 3 Penyebab Darah Menstruasi Berbau Amis dan Menyengat

Meski terbilang sangat umum, kondisi menoragia tak bisa kita anggap sepele.

Pasalnya, menstruasi dengan perdarahan hebat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena harus berulangkali berganti pembalut.

Kondisi menstruasi abnormal ini lama kelamaan juga dapat menyebabkan wanita mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah.

Anemia bisa menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh sehingga membuat wanita mudah lelah, lemas, pusing, dan nyeri dada.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita alami menstruasi lama dengan volume darah berlebih.

Dikutip dari Medical News Today, penyebab menoragia berhubungan dengan masalah pada rahim, antara lain:

1. Fibroid rahim

Ini merupakan kondisi saat tumor (non kanker) berkembangbiak di dalam atau di luar dinding rahim. Tumor atau daging yang tumbuh dapat menyebabkan perdarahan hebat dan menyakitkan.

Faktor risiko penyakit ini yaitu riwayat keluarga fibroid, obesitas, atau masa awal pubertas.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Menopause
Menopause
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.