Kompas.com - 31/07/2022, 19:34 WIB

KOMPAS.com - Memiliki harapan menjadikan hidup lebih terarah untuk mencapai harapan tersebut.

Namun, beberapa harapan tidak mudah tercapai karena terlalu tinggi dan tidak ada kemampuan yang bisa membantu dalam mencapainya.

Pada saat itulah, kita harus menyadari bahwa tidak semua hal yang kita harapkan bisa menjadi nyata.

Ternyata, harapan yang tidak tercapai ini memberikan dampak tertentu terhadap tubuh, seperti depresi. Berikut adalah pengertian depresi serta hubungan antara harapan dan depresi.

Baca juga: Gejala Depresi yang Sering Tak Disadari

Pengertian depresi

Menurut Mayo Clinic, depresi merupakan salah satu gangguan suasana hati yang disebabkan oleh kesedihan mendalam dan hilangnya minat terhadap kehidupan.

Meskipun gejala khas depresi, seperti kesedihan atau keputusasaan, mudah dikenali, ada gejala yang mungkin kurang terlihat.

Sedangkan menurut WebMD, perasaan sedih atau hilangnya minat terhadap kehidupan merupakan hal yang wajar terjadi dan setiap orang pasti pernah merasakannya.

Perasaan yang muncul tersebut merupakan respon yang dikeluarkan oleh tubuh ketika dihadapkan dengan kehilangan atau tantangan kehidupan.

Namun, rasa sedih dan minat hidup yang hilang tersebut bisa muncul secara intens dan terus-menerus. Kondisi inilah yang disebut dengan depresi.

Melansir Healthline, seseorang yang mengalami depresi tidak hanya akan hanya merasa sedih dan kehilangan minat terhadap hidup, namun juga akan kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya akan berpengaruh negatif terhadap kehidupan pribadi seseorang, namun juga akan mempengaruhi kehidupan sosial serta mengakibatkan beberapa masalah kesehatan jika tidak diatasi dengan baik.

Baca juga: Kenali Perbedaan Stres dan Depresi yang Kerap Dianggap Sama

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.