Kompas.com - 01/08/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda menggosok gigi dengan benar? Selain menggosok gigi, apa lagi kegiatan rutin yang Anda lakukan untuk menjaga gigi?

Menggosok gigi adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan setidaknya dua kali sehari dan perawatan lain, seperti menggunakan benang gigi dan obat kumur.

Tetapi ternyata, menggosok gigi dan melakukan perawatan tersebut tidak cukup untuk bisa mencegah terjadinya plak dan karang gigi.

Namun, apa perbedaan dari plak dan karang gigi?

Sebelum mengetahui apa saja perbedaan keduanya, simak apa yang dimaksud dengan plak dan karang gigi berikut ini.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi, Bisakah Dilakukan Sendiri?

Apa itu plak dan karang gigi?

Plak dan karang gigi sama-sama merupakan sesuatu yang melekat di gigi.

Melansir WebMD, plak merupakan bakteri yang lengket dan tidak berwarna. Bakteri tersebut terbentuk di gigi dan tidak akan terasa ketika kita menyentuhnya dengan lidah. Namun, bakteri tersebut akan terasa jelas di lidah ketika tidak gosok gigi.

Melansir Healthline, plak mengandung lebih dari 500 jenis bakteri yang baik dan jahat.

Namun setelah makan atau minum manis, bakteri jahat tersebut akan memproduksi asam yang akan memecah karbohidrat yang ada di dalam makanan dan minuman.

Kesehatan gigi yang tidak diperhatikan dengan baik membuat bakteri jahat menetap di gigi dalam waktu yang lama sehingga nantinya akan membuat plak berubah menjadi karang gigi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.