Kompas.com - 10/08/2022, 07:32 WIB

KOMPAS.com - Kuku yang tidak tumbuh secara sempurna dan malah masuk ke dalam kulit di sekitarnya disebut dengan cantengan.

Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja dan ada beberapa penyebab kuku cantengan. Menurut Healthline, penyebab kuku cantengan adalah sebagai berikut.

  • Cara potong kuku yang salah
  • Kuku yang melengkung
  • Penggunaan sepatu yang terlalu kecil
  • Terdapat luka pada kuku
  • Kebersihan kaki yang tidak terjaga

Tidak hanya itu saja, tingkat keparahan yang akan dirasakan juga akan berbeda sehingga akan mempengaruhi diagnosa dokter selanjutnya.

Tindakan operasi akan diambil ketika kuku cantengan sudah parah dan mengganggu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang. Ini dia penjelasannya.

Baca juga: Penyebab Kuku Cantengan dan Cara Mengobatinya

Kapan kuku cantengan perlu dioperasi?

Tidak semua kondisi kuku cantengan perlu dioperasi, khususnya jika masih dalam tahap awal karena bisa disembuhkan sendiri di rumah.

Namun jika tingkat keparahannya sudah tinggi dan melibatkan infeksi atau nanah, maka Anda disarankan untuk menemui dokter.

Dokter akan memeriksa kuku cantengan tersebut untuk menentukan diagnosa selanjutnya dan memutuskan untuk melakukan operasi atau tidak.

Menurut artikel jurnal Institute for Quality and Efficiency in Health Care yang terbit di tahun 2018, dokter juga akan melakukan tes tambahan berupa pengambilan sampel darah.

Hal ini diperlukan untuk mengetahui penyebab infeksi pada kuku sehingga bisa melakukan tindakan dan pengobatan yang sesuai.

Baca juga: 11 Gejala Penyakit Jantung yang Bisa Terlihat di Kulit dan Kuku

Jenis operasi kuku cantengan

Menurut Medical News Today, jika ditemukan permasalahan yang dinilai akan memperparah kondisi kuku yang cantengan, dokter akan merekomendasikan pasien untuk melakukan pengangkatan kuku melalui operasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Hernia
Hernia
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.