Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2022, 09:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Vitamin adalah zat gizi mikro yang dibutuhkan tubuh agar dapat menjalankan fungsinya secara normal.

Dilansir dari Harvard T.H. Chan, senyawa organik yang diperlukan manusia dalam jumlah kecil ini tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh.

Setiap orang perlu mencukupinya dengan cara mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang setiap hari.

Terdapat 13 jenis vitamin yang diperlukan tubuh. Yakni vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B5 (asam pantotenat), B6, B7 (biotin), B9 (asam folat), B12, C, D, E, dan K. Berikut manfaat vitamin tersebut.

Baca juga: 4 Cara Efektif Mendapatkan Vitamin D, Selain Berjemur

Manfaat vitamin sesuai jenisnya

Dilansir dari WebMD, fungsi vitamin berbeda-beda sesuai jenisnya, antara lain:

  • Vitamin A

Vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan zat gizi ini bisa menyebabkan mata kering, keruh, dan pandangan kabur. Contoh vitamin A alami di antaranya hati, minyak ikan cod, wortel, brokoli, ubi jalar, mentega, kangkung, bayam, labu, telur, melon, dan susu.

  • Vitamin B1

Vitamin ini berguna untuk menghasilkan beberapa enzim yang penting untuk memecah gula darah. Kekurangan vitamin ini menyebabkan penyakit beri-beri. Contoh vitamin B1 alami di antaranya daging, sereal, biji bunga matahari, nasi merah, asparagus, kangkung, kembang kol, kentang, jeruk, hati, dan telur.

  • Vitamin B2

Vitamin ini berfungsi untuk tumbuh kembang sel tubuh serta membantu proses metabolisme makanan. Kekurangan vitamin ini memicu peradangan bibir sampai bibir sumbing. Contoh vitamin B2 alami di antaranya asparagus, pisang, lobak, susu, yogurt, daging, telur, ikan, dan kacang hijau.

Baca juga: 6 Manfaat Vitamin A untuk Tubuh

  • Vitamin B3

Manfaat vitamin ini menunjang pertumbuhan dan kinerja sel. Kekurangan vitamin ini menyebabkan diare, masalah pada kulit, sampai gangguan usus. Contoh vitamin B3 alami di antaranya ayam, daging, tuna, salmon, suus, telur, tomat, sawi, kangkung, brokoli, wortel, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  • Vitamin B5

Vitamin ini sangat penting untuk menghasilkan energi dan hormon. Kekurangan vitamin ini menyebabkan sering kesemutan. Contoh vitamin B5 alami di antaranya daging, biji-bijian, brokoli, alpukat, dan yogurt.

  • Vitamin B6

Vitamin ini berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin ini menyebabkan anemia dan gangguan saraf tepi. Contoh vitamin B6 alami di antaranya buncis, hati sapi, pisang, labu, dan kacang-kacangan.

Baca juga: 7 Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

  • Vitamin B7

Vitamin ini berfungsi untuk memetabolisme protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, vitamin ini juga membantu produksi protein penting untuk kulit, rambut, dan kuku. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan masalah pada kuku sampai rambut serta penyakit radang usus. Contoh vitamin B7 alami antara lain kuning telur, hati, brokoli, bayam, dan keju.

  • Vitamin B9

Vitamin ini sangat penting untuk membuat DNA dan RNA. Kekurangan vitamin ini selama kehamilan bisa memengaruhi sistem saraf janin. Contoh vitamin B9 alami termasuk bayam, sawi, kangkung, kacang polong, hati, dan biji bunga matahari.

  • Vitamin B12

Manfaat vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan saraf. Kekurangan vitamin ini menyebabkan gangguan saraf dan anemia. Contoh vitamin B12 alami di antaranya ikan, kerang, daging, ayam, bebek, telur, dan susu.

Baca juga: 7 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh

  • Vitamin C

Vitamin ini berfungsi untuk membentuk kolagen, mempercepat penyembuhan luka, membantu pembentukan tulang, memperkuat pembuluh darah, menjaga daya tahan tubuh, sampai membantu penyerapan zat besi. Kekurangan vitamin ini menyebabkan mudah sakit dan susah sembuh saat sakit. Contoh vitamin C alami yakni segala jenis sayur dan buah.

  • Vitamin D

Vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan beragam penyakit tulang dan sendi. Contoh vitamin D alami di antaranya ikan laut, telur, hati sapi, jamur, dan berjemur di bawah sinar matahari.

  • Vitamin E

Vitamin ini sangat penting untuk mencegah peradangan kronis. Kekurangan vitamin ini menyebabkan anemia pada bayi baru lahir dan meningkatkan risiko peradangan. Contoh vitamin E alami di antaranya gandum, kiwi, almond, telur, sayuran hijau, dan minyak sayur.

  • Vitamin K

Manfaat vitamin ini berfungsi untuk pembekuan darah. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan seseorang rawan pendarahan. Contoh vitamin K alami di antaranya sayuran hijau, labu, dan peterseli.

Baca juga: 10 Manfaat Vitamin D bagi Tubuh

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com