Kompas.com - 30/08/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Beberapa orang yang terserang migrain bisa mengalami kedinginan hingga tubuhnya gemetar atau menggigil. Kira-kira, apa penyebabnya?

Migrain adalah rasa sakit dengan sensasi denyut parah di salah satu sisi kepala yang bisa berlangsung lama sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Dilansir dari Mayo Clinic, gejala migrain tak hanya sakit kepala sebelah. Migrain juga menyebabkan berbagai gejala yang bervariasi, antara lain:

  1. nyeri berdenyut
  2. rasa sakit di berbagai area kepala
  3. mual atau muntah
  4. kepekaan terhadap cahaya dan suara

Baca juga: Kunyit Bisa Sembuhkan Migrain, Ini Alasannya

Beberapa orang mungkin juga mengalami kedinginan hingga tubuhnya gemetar atau menggigil. Kondisi ini bisa terjadi beberapa jam atau bahkan beberapa hari sebelum episode migrain berkembang.

Alasan tubuh menggigil saat migrain

Untuk memahami alasan tubuh menggigil, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana migrain mempengaruhi otak.

Berdasarkan jurnal Molecular Pain yang dipublikasikan di NIH pada April 2018, migrain dapat menyebabkan perubahan struktural dan fungsional di otak.

Peneliti menyatakan, ada perubahan di dalam area dan neuron tertentu di otak akibat migrain. Bukan hanya itu, perubahan juga terjadi pada saraf di luar otak.

Ketika terjadi perubahan di area hipotalamus, batang otak, dan korteks akibat migrain, maka Anda akan mengalami reaksi berupa kedinginan hingga tubuh menggigil.

Perlu diketahui, kedinginan hingga menggigil terjadi ketika suhu tubuh manusia turun. Suhu tubuh ini dikendalikan oleh hipotalamus.

Sementara itu, tubuh gemetar saat menggigil dikaitkan dengan korteks serebral atau lapisan pembungkus otak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.