Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2022, 12:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Chia seeds merupakan salah satu bahan makanan yang sering dipakai untuk membuat puding atau menjadi pelengkap dalam membuat overnight oat.

Chia seeds sering digunakan karena dinilai bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa biji-bijian yang sudah lama digunakan di berbagai negara ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

Baca juga: Chia Seed untuk Diet: Manfaat Cara Mengonsumsi

Kompas TV Ditaburi dengan berbagai macam toping, dari buah-buahan, superfood seperti chia seeds, kacang-kacangan atau bahkan granola sehingga menambah sensasi makan.

Berikut adalah manfaat chia seeds untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

 

1. Mengurangi radikal bebas

Menurut penelitian yang terbit pada Journal of Food Science and Technology di tahun 2016, chia seeds merupakan sumber antioksidan yang baik.

Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa antioksidan yang terkandung pada chia seeds membuatnya tidak cepat basi.

Tidak hanya itu saja, antioksidan tersebut juga berguna untuk manusia karena bisa menetralkan radikal bebas yang bisa merusak sel di dalam tubuh.

Melansir WebMD, mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti chia seeds, bisa menghindarkan tubuh dari beberapa jenis penyakit, antara lain penyakit jantung, menurunnya fungsi kognitif, serta menghindarkan dari beberapa jenis kanker.

 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Healthline menyebutkan bahwa chia seeds kaya akan serat serta Omega-3 sehingga bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Fungsi serat larut, seperti yang dimiliki oleh chia seeds, diteliti dan diterbitkan di dalam Journal of Chiropractic Medicine pada tahun 2017.

Menurut penelitian tersebut, konsumsi serat larut bisa membantu dalam menurunkan LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga risiko terkena penyakit jantung bisa dihindari.

Selain itu, WebMD menyebutkan bahwa chia seeds mengandung kuersetin yang berguna untuk meningkatkan kesehatan, termasuk penyakit jantung.

Baca juga: 5 Khasiat Chia Seed untuk Kesehatan

 

3. Memperbaiki level gula darah

Kandungan serat yang dimiliki oleh chia seeds juga dikatakan bisa membantu dalam mengatur gula darah.

Salah satu penelitian dari Kanada di dalam European Journal of Clinical Nutrition di tahun 2013 menunjukkan bahwa roti yang mengandung chia seeds membantu menurunkan gula darah setelah 2 jam mengonsumsi roti tersebut.

Meskipun begitu, Healthline menekankan bahwa penelitian tambahan mengenai manfaat chia seeds untuk menurunkan level gula darah masih perlu diperbanyak.

 

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com