Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara untuk Menurunkan Risiko Komplikasi Diabetes

Kompas.com - 08/09/2022, 22:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Diabetes bisa menyerang siapa saja dan tingkat kematian karena diabetes sendiri cukup tinggi.

Menurut data dari P2PTM Kemenkes RI, di Indonesia sendiri, kematian akibat diabetes menempati urutan nomor 3 pada tahun 2014.

Jumlah penderita diabetes sendiri terus meningkat setiap tahunnya dan menurut data dari WHO, sekitar 422 juta orang di dunia menderita diabetes.

Baca juga: Mengetahui dan Mempertahankan Level Gula Darah Normal

Kompas TV Simak jawaban selengkapnya dari Prof. Hindra Irawan Satari, Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dalam tayangan berikut ini.

 

Healthline menjelaskan bahwa diabetes yang tidak dikontrol dengan baik akan menyebabkan komplikasi yang serius, seperti kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, dan beberapa kondisi serius lainnya.

Meskipun diabetes tidak bisa disembuhkan secara total, namun ada beberapa cara untuk menurunkan risiko komplikasi diabetes.

1. Mengurangi konsumsi karbohidrat

Melansir Healthline, karbohidrat di dalam tubuh akan dipecah ke dalam molekul gula yang yang kecil yang kemudian akan diserap oleh aliran darah.

Akibatnya, gula darah naik dan memicu pankreas untuk memproduksi insulin yang merupakan hormon untuk membantu gula untuk bergerak dari aliran darah ke sel tubuh.

Orang dengan diabetes akan memiliki sel tubuh yang menolak insulin sehingga gula darah tetap tinggi.

Namun, pankreas tetap memproduksi insulin sehingga tubuh memiliki level gula serta insulin yang tinggi dan kondisi ini menyebabkan diabetes tipe 2.

Untuk itu, Healthline menyarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat dan memilih makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayur, biji-bijian, serta produk olahan susu.

British Diabetic Association menekankan bahwa makan makanan yang tinggi serat pada penderita diabetes akan mencegah masalah kesehatan serius, seperti obesitas, penyakit jantung, serta kanker.

2. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur bisa memberikan manfaat pada kesehatan tubuh dan Mayo Clinic menyebutkan beberapa manfaat olahraga untuk penderita diabetes, seperti:

  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan gula darah
  • Meningkatkan sensitivitas insulin yang akan mempertahankan gula darah dalam batas normal

Healthline juga menyarankan beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, termasuk high intensity interval training (HIIT) serta latihan kekuatan.

Namun, Anda yang tidak terbiasa berolahraga bisa mulai dengan olahraga ringan setiap setiap hari setidaknya selama 10 menit.

Baca juga: Cara Aman untuk Menurunkan Gula Darah dengan Cepat

3. Banyak minum air putih

Minuman yang bersoda atau yang mengandung pemanis buatan sangat tidak disarankan untuk penderita diabetes.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com