Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paparan Sinar Matahari Bikin Lapar, Kok Bisa?

Kompas.com - 09/09/2022, 10:30 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Rasa lapar bisa datang kapan saja dan di mana saja.

Tetapi ternyata, paparan sinar matahari juga bisa sebabkan rasa lapar.

Paparan sinar matahari merupakan sumber vitamin D terbaik yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Selain menunjang kesehatan, vitamin D juga mencegah naiknya berat badan karena bisa menekan nafsu makan.

Baca juga: Apakah Kurang Vitamin D Bisa Menyebabkan Depresi?

 

Kaitan antara berat badan dan paparan sinar matahari

Melansir Medical News Today, paparan sinar matahari bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengeluarkan hormon endorfin yang akan meningkatkan suasana hati.

Ternyata manfaatnya tidak hanya itu saja karena paparan sinar matahari akan memberikan asupan vitamin D terhadap tubuh yang dipercaya akan menekan nafsu makan.

Menurut beberapa penelitian, orang-orang dengan berat badan berlebih dan obesitas memiliki level vitamin D yang rendah jika dibandingkan dengan yang memiliki berat badan ideal.

Karena temuan dari beberapa penelitian tersebut, maka muncul hipotesis bahwa kekurangan vitamin D dapat menaikkan berat badan.

Penemuan ini terbantahkan dengan penelitian yang terbit pada Nutrition Journal di tahun 2012.

Menurut penelitian tersebut, beberapa wanita yang mengonsumsi vitamin D selama 12 minggu berhasil mengurangi lemak hingga 2,7 kg.

Namun, beberapa wanita lainnya yang mengonsumsi vitamin D juga mengalami kenaikan berat badan hingga 1,4 kg sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan.

Baca juga: 3 Jenis Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan Wanita Secara Cepat

Paparan sinar matahari dan nafsu makan

Meskipun tidak bisa dikatakan bahwa asupan vitamin D bisa menurunkan berat badan, terdapat kaitan antara paparan sinar matahari dan nafsu makan.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Nature Metabolism tahun 2022, ditemukan bahwa rasa lapar disebabkan oleh paparan sinar matahari.

UVB yang diproduksi oleh matahari ternyata menaikkan hormon ghrelin pada laki-laki.

Hormon ghrelin sendiri dijelaskan oleh Medical News Today sebagai hormon yang merangsang nafsu makan, asupan makanan, cadangan lemak, mengatur energi, mengurangi aktivitas saraf, dan mencegah limbah otot.

Namun menurut penelitian dari Tel Aviv University yang dimuat pada Scitechdaily pada tahun 2022, paparan sinar matahari tidak akan mempengaruhi wanita.

Hal ini disebabkan oleh adanya hormon estrogen yang menekan nafsu makan setelah terkena paparan sinar matahari.

Meskipun paparan sinar matahari bisa meningkatkan nafsu makan pada laki-laki, penelitian lain perlu dilakukan untuk melihat antara kaitan paparan sinar matahari dan penambahan berat badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com