Kompas.com - 09/09/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Mencoba untuk terlihat baik-baik saja meskipun sedang merasa sangat sedih membuat kita merasa lebih mampu untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Namun ternyata, kondisi ini bisa menjadi salah satu dari gejala smiling depression.

Smiling depression sendiri dijelaskan oleh Medical News Today sebagai suatu istilah untuk mendeskripsikan seseorang yang menyembunyikan depresi dengan tersenyum.

Baca juga: Harapan Terlalu Tinggi Bisa Sebabkan Depresi

Deta Putri Perubahan perilaku masyarakat terjadi selama pandemi Covid-19. Jika biasanya orang dapat berkumpul dan bepergian, selama pandemik orang-orang diharuskan menjauh dari kerumunan mencegah penularan Covid-19.

 

Mengenal smiling depression

Melansir WebMD, smiling depression bukan merupakan salah satu diagnosis gangguan mental tetapi merupakan kondisi nyata yang banyak dialami.

Seseorang yang mengalami depresi atau kecemasan akan mencoba menutupinya dengan tersenyum sehingga orang-orang di sekitarnya tidak mengetahui kondisi yang disembunyikan.

Medical News Today menekankan bahwa smiling depression tidak sama dengan perasaan sedih yang datang tiba-tiba karena perasaan tersebut bisa hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Smiling depression ternyata berbahaya karena perasaan sedih akan bertahan dalam waktu yang lama sehingga penderitanya merasa tidak berdaya dan selalu murung.

WebMD menambahkan bahwa berbahaya yang muncul adalah karena kondisi tersebut tidak diketahui oleh orang-orang sekitar, bahkan oleh orang yang paling dekat, sehingga risiko kematian karena bunuh diri cukup besar.

Ada banyak alasan yang membuat seseorang menyembunyikan perasaan depresi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.