Kompas.com - 09/09/2022, 16:34 WIB

KOMPAS.com - Kolesterol adalah salah satu elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Melansir Mayo Clinic, kolesterol akan membantu dalam membangun sel-sel sehat di dalam tubuh.

Namun, level kolesterol yang tinggi akan memperbesar risiko penyakit jantung.

Meskipun level kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit bawaan, gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebabnya.

Baca juga: 5 Cara untuk Menurunkan Kolesterol Secara Alami

 

Kolesterol tinggi tidak perlu dikhawatirkan karena dengan diet serta gaya hidup sehat bisa mengurangi risiko buruk yang akan terjadi.

Dengan kata lain, asupan makanan perlu sangat diperhatikan dan berikut adalah rekomendasi buah untuk menurunkan kolesterol.

  • Jeruk

Minum jus jeruk ternyata tidak hanya menyegarkan tubuh, tapi juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung karena darah tinggi dan kolesterol.

Menurut penelitian yang terbit pada Jurnal Lipids in Health and Disease pada tahun 2013 menunjukkan bahwa konsumsi jus jeruk dalam jangka waktu yang lama bisa menurunkan LDL kolesterol jahat.

Penelitian lain mengenai kaitan antara jeruk dan kolesterol dimuat dalam Jurnal American Chemical Society di tahun 2004.

Hasilnya ditemukan bahwa kulit jeruk memiliki senyawa yang bernama flavon polimetoksilasi (PMF) yang berguna untuk melawan kanker, penyakit jantung, serta peradangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.