Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fungsi Zinc, Penting untuk Daya Tahan Tubuh sampai Otak

Kompas.com - 12/09/2022, 13:31 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Seng atau zinc adalah salah satu zat gizi yang termasuk dalam mineral esensial.

Nutrisi ini penting untuk menciptakan DNA, merangsang kinerja lebih dari 100 jenis enzim, menunjang pertumbuhan sel, sampai membangun protein.

Simak penjelasan beberapa fungsi zinc yang penting untuk tubuh dan kesehatan berikut.

Baca juga: 5 Fungsi Kalsium, Tak Hanya untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Fungsi zinc

Ada beberapa manfaat zinc untuk tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Menjaga daya tahan tubuh

Dilansir dari Harvard T.H. Chan, zinc sangat berguna untuk mendukung pertumbuhan dan mengoptimalkan kinerja sel-sel kekebalan. Tanpa asupan zinc yang memadai; sel limfosit, neutrofil, sampai markrofag yang bertugas melindungi tubuh dari infeksi virus sampai bakteri bisa melemah.

  • Membantu penyembuhan luka

Zinc juga diperlukan tubuh untuk meregenerasi sel-sel yang rusak. Mineral ini bisa merangsang kolagen dan pembentukan jaringan. serta melawan peradangan pada luka. Dengan asupan ini, proses penyembuhan luka bisa lebih lancar.

Baca juga: 10 Fungsi Fosfor untuk Tubuh, Mineral Terbanyak Kedua Setelah Kalsium

  • Menunjang kinerja indra perasa dan penciuman

Dikutip dari HealthDirect, manfaat zinc krusial untuk merangsang kinerja lebih dari 100 jenis enzim, salah satunya enzim yang mengontrol persepsi tubuh terhadap rasa dan bau. Tanpa dukungan mineral ini, indra perasa dan penciuman jadi kurang peka.

  • Mempercepat pemulihan saat sakit

Beberapa penelitian menunjukkan, fungsi zinc juga berguna untuk membantu mempercepat proses pemulihan, terutama penyakit seperti batuk dan pilek atau salesma.

Baca juga: 8 Fungsi Magnesium untuk Tubuh, Penting untuk Tulang sampai Jantung

  • Mencegah gangguan penglihatan di usia senja

Seiring berjalannya usia, kalangan lansia secara alami akan mengalami gangguan penglihatan. Peran zinc penting untuk memperlambat sampai melindungi orang dari gangguan penglihatan di usia senja.

  • Membantu mengatasi diare

Dilansir dari MayoClinic, kekurangan zinc juga bisa meningkatkan risiko diare pada anak. Untuk anak-anak yang kekurangan zinc, dokter biasanya turut merekomendasikan suplemen zinc untuk mengatasi diare.

Baca juga: 7 Fungsi Zat Besi untuk Tubuh, Angkut Oksigen sampai Jaga Sistem Imun

  • Mengurangi peradangan kronis

Manfaat zinc juga dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan kadar protein penyebab peradangan kronis. Untuk diketahui, peradangan kronis bisa berbahaya karena jadi biang penyakit jantung, kanker, dan masalah kesehatan mental.

  • Meningkatkan kesehatan otak

Peran zinc yang tak kalah penting lainnya yakni untuk menjaga kesehatan otak. Zat gizi ini penting untuk mengatur komunikasi antar-saraf. Dengan begitu, kinerja otak lebih prima, daya ingat meningkat, dan kemampuan berpikir bisa lebih baik.

Mengingat ada banyak fungsi zinc yang penting untuk tubuh, pastikan Anda mencukupi kebutuhan nutrisi ini setiap hari. Perlu diketahui, zat gizi ini tidak dapat disimpan dan diproduksi sendiri di dalam tubuh.

Jadi, Anda perlu mencukupinya dari sumber alami. Beberapa makanan mengandung zinc di antaranya daging sapi, tiram, kepiting, udang, ayam, bebek, jamur, sampai kacang-kacangan.

Baca juga: 5 Fungsi Yodium , Penting untuk Tiroid sampai Perkembangan Otak Anak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com