Kompas.com - 03/10/2022, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Gas air mata adalah salah satu senjata yang terkadang digunakan untuk membubarkan massa.

Saat terpapar gas air mata, banyak orang merasakan gejala mata berair dan perih, mulut dan tenggorokan seperti terbakar, sampai sesak napas.

Lantas, bagaimana efek gas air mata? Apakah berbahaya untuk kesehatan? Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 4 Efek Gas Air Mata pada Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

Efek gas air mata, apakah berbahaya?

Efek gas air mata potensial berbahaya, terutama jika tembakannya dilakukan di ruang tertutup, dari jarak dekat, terpapar dalam waktu lama, punya riwayat penyakit tertentu, atau ada faktor lain seperti berdesakan di kerumunan dan ketegangan fisik.

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa jenis bahan gas air mata yang digunakan, seperti chloroacetophenone (CN), chlorobenzylidenemalononitrile (CS), chloropicrin (PS), bromobenzylcyanide (CA), dibenzoxazepine (CR), atau semprotan merica atau capsicum.

Setiap bahan ini memiliki efek yang berbeda-beda, tergantung konsentrasi paparan dan faktor yang sudah dijabarkan di atas.

Tapi, umumnya efek gas air mata dalam jangka pendek menyebabkan mata berair dan kemerahan, pangdangan kabur, mulut dan hidung terititasi sampai panas seperti terbakar, susah menelan, kulit ruam, mual dan muntah, batuk, tersedak, dan sesak napas.

Efek tersebut biasanya hilang dalam waktu 15 sampai 20 menit ketika seseorang yang terkena senjata ini segera dibawa ke ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang memadai dan membersihkan diri.

Untuk itu, ada pedoman ketat terkait penggunaan senjata ini untuk mengendalikan massa. Di antaranya, penembakan gas air mata harus dari jarak jauh, hanya digunakan di luar ruangan, dan jenis bahan yang digunakan harus memiliki konsentrasi serendah mungkin.

Paparan gas air mata di dalam ruangan atau dengan konsentrasi tinggi apa pun jenisnya bisa menyebabkan efek kesehatan serius. Seperti kebutaan, luka bakar serius, gagal napas, sampai kematian.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.