Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Perut Sebelah Kiri Sakit? Kenali 7 Penyebabnya…

Kompas.com - 04/10/2022, 06:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Ketika mendapati perut sebelah kiri sakit secara tiba-tiba, beberapa orang biasanya langsung khawatir.

Untuk diketahui, perut bagian kiri adalah tempat beberapa organ seperti lambung, pankreas, limpa, dan setengah bagian ginjal.

Seseorang bisa merasakan nyeri jika beberapa organ tersebut bermasalah.
Simak beberapa kemungkinan penyebab kenapa perut sebelah kiri sakit berikut ini.

Baca juga: 7 Penyebab Sakit Perut Kanan Atas, Bisa Gangguan Ginjal sampai Hati

Kenapa perut sebelah kiri sakit?

Kemungkinan penyebab perut kiri sakit bisa berasal dari gangguan pencernaan sampai penyakit batu ginjal. Berikut beberapa di antaranya:

  • Sembelit

Dilansir dari Tuasaude, produksi gas yang berlebih bisa jadi penyebab sakit perut bagian kiri atau seluruh bagian perut terasa tidak nyaman. Kondisi ini biasanya terjadi saat seseorang sembelit atau susah buang air besar.

  • Divertikulitis

Divertikulitis adalah peradangan pada kantong usus yang dikenal dengan divertikula. Penyakit ini bisa menyebabkan sakit perutdi sebelah kiri disertai demam tinggi, tidak nafsu makan, mual, kembung, diare atau sembelit.

Baca juga: 15 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah, Tak Selalu Usus Buntu

  • Batu ginjal

Penyakit batu ginjal bisa menyebabkan gejala sakit perut bagian kiri, sakit pinggang hebat, dan rasa sakitnya bisa menjalar ke pusar. Selain itu, penderita juga nyeri saat kencing, demam tinggi, mual, sampai kencing berdarah.

  • Maag

Dilansir dari Medicover Hospitals, alasan kenapa perut sebelah kiri sakit biasanya karena gangguan pencernaan seperti maag, rasa nyerinya bisa terpusat di bagian kiri atas. Selain itu, penderita juga merasakan kembung, mual, sering bersendawa, dan lemas.

Baca juga: 9 Penyebab Sakit Perut Bagian Atas

  • Nyeri haid

Pada wanita, sakit perut di sebelah kiri bisa terkait nyeri haid. Rasa sakit ini bisa muncul dua hari menjelang haid sampai tiga hari setelah haid. Selain sakit perut, wanita yang merasakan kembung, suasana hati tidak enak, sakit kepala, stres, dan jerawat bermunculan.

  • Kista ovarium

Tumbuhnya kista di rahim juga bisa menyebabkan nyeri ringan di area yang terkena. Selain sakit perut, wanita juga bisa mengalami kembung, haid tidak teratur, mual, muntah, payudara terasa tidak nyaman, nyeri saat berhubungan seks, dan susah hamil.

Baca juga: 6 Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah sesuai Lokasi Nyeri

  • Kehamilan etopik

Penyebab perut kiri sakit pada ibu hamil bisa terkait kehamilan etopik. Rasa nyeri ini terjadi lantaran di awal kehamilan janin tidak tumbuh di rahim, melainkan di tuba falopi. Kondisi ini rentan dialami ibu hamil di atas usia 35 tahun, wanita yang menggunakan KB IUD, atau efek program kehamilan IVF.

Perlu diingat, kebanyakan alasan kenapa perut sebelah kiri sakit terkait gangguan pencernaan seperti maag atau sembelit. Tapi, Anda perlu segera berkonsultasi ke dokter jika masalah kesehatan terasa parah dan tak segera sembuh, disertai demam, BAB berdarah, muntah terus, atau kulit kekuningan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com