Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Kalah Penting dari Sikat Gigi, Ini 3 Manfaat Membersihkan Lidah

Kompas.com - 05/10/2022, 16:31 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian orang mungkin mengabaikan lidah saat membersihkan mulut. Padahal, membersihkan lidah sama pentingnya dengan gosok gigi.

Sebagai indra pengecap manusia yang berfungsi untuk merasakan, mengunyah, menelan makanan, serta membantu berbicara, lidah juga bisa kotor.

Lidah yang kotor dapat ditunjukkan dengan adanya penumpukan partikel berwarna putih, kuning, cokelat, hijau, hingga hitam. Kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan bakteri hingga bau napas tak sedap.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Lidah Tidak Ada Rasa, Sesuaikan dengan Penyebabnya

Untuk itu, kita sebaiknya rutin menjaga kebersihan lidah. Kebiasaan membersihkan lidah dapat diterapkan setelah menggosok gigi dan berkumur di pagi hari.

Kita bisa menggunakan pembersih lidah dengan bahan karet lunak yang terdapat di bagian belakang dari beberapa sikat gigi.

Kita dapat menggunakan alat penggosok lidah dengan membersihkan indra pengecap dari pangkal paling dalam dan ditarik perlahan ke arah depan.

Agar lebih jelas, berikut tiga manfaat menggosok lidah yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan kesehatan mulut

Menurut National Institutes of Health (NIH), dalam mulut manusia terdapat beragam mikroba, yang terdiri dari 700 spesies bakteri dan jamur.

Beberapa mikroba bermanfaat dalam membantu proses pencernaan di mulut, sedangkan yang lain menyebabkan kerusakan gigi, penyakit gusi, dan penumpukan plak.

Menggosok gigi saja ternyata tak cukup untuk membersihkan mulut Anda. Pasalnya, bakteri jahat juga bisa menumpuk di lidah.

Untuk menghindari penumpukan bakteri di lidah, kita dapat berusaha menghilangkannya dengan menggosok indra pengecap tersebut.


Sebuah penelitian membuktikan manfaat menggosok lidah dengan membagi dua kelompok partisipan.

Kelompok pertama adalah orang dewasa dengan gusi sehat yang diminta untuk rutin menggosok lidah saat sikat gigi. Sementara itu, kelompok lainnya hanya menggosok gigi saja.

Kemudian, para peneliti mengumpulkan sampel mulut dari seluruh partisipan untuk mengukur jumlah total bakteri pada lapisan lidah dan plak gigi.

Peneliti menyimpulkan bahwa rutinitas membersihan lidah saat menyikat gigi dapat mengurangi bakteri di indra pengecap.

Baca juga: 3 Makanan yang Pas untuk Lidah Terasa Pahit saat Sakit

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com