Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Wanita Susah Hamil yang Cukup Sering menurut Dokter

Kompas.com - 01/02/2023, 06:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Penyebab susah hamil bagi pasangan yang sudah aktif melakukan hubungan seks tanpa pengaman salah satunya bisa berasal dari gangguan kesuburan, baik dari pria maupun wanita.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus founder Smart IVF Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG, SubspFER, MPH menjelaskan, sebanyak 35 persen gangguan kesuburan berasal dari pria, sisanya berasal dari wanita.

“Jadi 35 persen itu karena faktor laki-laki. Sisanya dari faktor wanita,” jelas Budi, seperti dilansir dari Antara, Senin (30/1/2023).

Menurut Budi, ada banyak faktor penyebab wanita susah hamil yang cukup sering dikeluhkan pasiennya. Kenali beberapa di antaranya lewat artikel berikut ini.

Baca juga: Penyebab Susah Hamil bisa Karena Gangguan Tiroid, Kenapa Begitu?

Penyebab wanita susah hamil

Prof Budi menjelaskan, ada 4 penyebab wanita susah hamil yang biasanya memengaruhi kesuburan wanita, antara lain:

  • Gangguan pematangan sel telur atau ovulasi

Gangguan kesuburan ini ditandai dengan siklus haid wanita yang tidak teratur. Kondisi ini bisa membuat sel telur tidak matang dan sulit dibuahi.

  • Penyumbatan saluran telur

Wanita memiliki sepasang indung telur dan sepasang saluran dari indung telur. Saluran telur tersebut menjadi tempat bertemunya sperma dan sel telur.

Apabila terjadi penyumbatan pada saluran tersebut, maka proses pembuahan juga bakal sulit terjadi.

Baca juga: 8 Penyebab Kesuburan Wanita Menurun, dari Faktor Usia sampai Penyakit

  • Pertumbuhan kista atau endometriosis

Pertumbuhan jaringan atau sel yang tidak normal seperti kista atau endometriosis di organ reproduksi wanita juga bisa jadi faktor penyebab wanita susah hamil.

  • Gangguan di dalam rahim

Pertumbuhan miom atau polip di dalam rahim terkadang juga bisa menyebabkan embrio tidak bisa menempel sempurna di dinding rahim. Kondisi ini juga bisa mengganggu kesuburan wanita.

Menurut Budi, kebanyakan penyebab wanita susah hamil dapat dideteksi dari gejala atau masalah kesehatan yang sehari-hari dirasakan wanita.

“Bisa dideteksi gangguan kesuburan dari haid atau keluhan lainnya. Kalau laki-laki hampir tidak ada keluhannya. Jadi penting untuk dicek,” jelas Budi.

Jika pasangan yang sedang mendambakan momongan tengah mencari solusi penyebab susah hamil, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter agar gangguan kesuburan ini bisa diatasi sesuai akar penyebab kenapa susah hamil yang mendasar.

Baca juga: 16 Penyebab Kesuburan Pria Menurun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com