Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kopi Hitam Bagus untuk Kesehatan? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 16/05/2024, 18:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kopi hitam kerap dikonsumsi untuk menghindarkan tubuh dari rasa kantuk. Namun, apakah kopi hitam bagus untuk kesehatan?

Ternyata, konsumsi kopi hitam dalam jumlah yang wajar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan risiko diabetes, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kemampuan fisik.

Namun, Anda diimbau untuk menghindari bahan tambahan pada kopi, seperti gula, dan membatasi konsumsinya tidak lebih dari empat gelas sehari.

Untuk lebih jelasnya, ketahui apa manfaat minum kopi hitam berikut ini.

Baca juga: Apa yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Kopi? Ini 8 Daftarnya…

Apakah kopi hitam bagus untuk kesehatan?

Ternyata, kopi hitam bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, atau tidak lebih dari empat gelas sehari.

Disarikan dari PharmEasy dan WebMD, berikut adalah beberapa manfaat kopi kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan yang perlu diketahui.

  • Mencegah penyakit Alzheimer

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kopi dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan jenis penyakit demensia lainnya.

Bahkan, orang-orang paruh baya yang minum tiga hingga empat cangkir kopi per hari memiliki risiko 65 persen lebih kecil untuk mengalami demensia di masa tua.

  • Menurunkan risiko penyakit Parkinson

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak kopi yang diminum, maka akan semakin kecil risiko penyakit Parkinson yang akan dialami.

Anda yang mengidap penyakit Parkinson juga akan memiliki kontrol terhadap gerak tubuh ketika minum kopi secara teratur.

Baca juga: Kopi Apa yang Baik buat Kesehatan? Berikut Penjelasannya…

  • Menurunkan risiko kanker

Minum kopi hitam setiap hari sudah terbukti dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, usus besar, dan liver.

Manfaat ini bisa didapatkan karena adanya kandungan antioksidan pada kopi sehingga bisa melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang memicu kanker.

  • Menurunkan risiko sirosis hati

Minum kopi secara rutin juga sudah terbukti dapat menurunkan risiko sirosis hati, khususnya jika kerusakan yang terjadi disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol.

Bahkan, minum empat cangkir kopi atau lebih dapat menurunkan risiko sirosis alkoholik hingga 80 persen dan yang tidak disebabkan oleh alkohol hingga 30 persen.

  • Meningkatkan suasana hati

Kafein pada kopi merupakan salah satu zat stimulan yang berguna untuk meningkatkan suasana hati.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com