Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2016, 19:03 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Foxnews

KOMPAS.com — Kota Acciaroli yang terletak di pantai Mediterania Selatan dari Naples merupakan rumah bagi hampir 300 orang yang berusia lebih dari 100 tahun. Hebatnya, jumlah itu adalah sepertiga dari total penduduk desa.

 

Seorang ahli jantung di University of California, San Diego School of Medicine, dr Alan Maisel, beserta tim peneliti lainnya mencari tahu kebiasaan orang-orang Acciaroli yang membuat mereka berumur panjang.

 

Maisel menduga, umur panjang para penduduk desa berasal dari gabungan antara kombinasi gen yang baik dan makan sehat.

 

Pada kunjungannya terakhirnya ke Acciaroli, Maisel berhasil menemukan dua kebiasaan makan yang dilakukan oleh semua penduduk desa, yang membuat mereka begitu sehat.

 

"Semua orang makan ikan teri," katanya. "Juga, setiap kali makan, mereka menambahkan rosemary segar di hampir semua masakan."

 

Teri mengandung lemak asam omega-3 sebagai modal jantung sehat, sementara rosemary telah lama dianggap sebagai ramuan penyembuhan, dan dapat membantu menenangkan sakit otot dan bahkan melindungi Anda dari senyawa karsinogenik.

 

Uniknya, Maisel mengamati bahwa warga Acciaroli ini tidak tampak terlalu sibuk dengan olahraga. "Apa yang mengejutkan saya adalah bahwa saya tidak melihat orang-orang jogging," katanya. "Saya tidak melihat orang-orang di kelas yoga. Saya tidak melihat mereka berenang di laut."

 

Walau begitu, penduduk di Acciaroli memiliki kebiasaan lain yang membuat mereka bahagia. Hasil studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang memiliki sikap positif, hidup yang terarah dan bahagia, cenderung hidup lebih lama.

 

"Pada sore hari, penduduk setempat duduk di restoran. Mereka menikmati anggur, kopi, kudapan enak, sambil bersantai dan bercengkrama, seakan melepas beban hidup di penghujung hari," kata Maisel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com