Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membentuk dan Mengencangkan Bokong di Kelas Sepeda

Kompas.com - 30/06/2016, 13:19 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Di Amerika Serikat masyarakat sedang keranjingan kelas sepeda dalam ruangan. Terutama di studio butik seperti Wheel House dan SoulCycle . Kelas sepeda di dalam ruangan ini memang efektif membakar lemak sekaligus mengencangkan bokong.

Avery Johnson, salah satu instruktur kelas sepeda dari Wheel House San Francisco punya tip agar kita dapat lebih efektif membakar lemak dan membentuk bokong.

1. Sesuaikan sepeda
Avery menyarankan peserta baru agar tiba 10 menit sebelum kelas dimulai untuk menyetel sepeda dengan benar. Mimpi punya bokong kencang dan indah sulit tercapai jika sepeda tidak diatur dengan benar. Penyesuaian itu juga untuk mencegah cedera. "Jangan ragu untuk minta bantuan instruktur untuk menyetel sepeda yang benar," saran Avery.

2. Perhatikan postur
"Ketika duduk di sadel, pastikan perut kencang dan pinggul ada di belakang," katanya. Hal itu berguna untuk melindungi tulang belakang ketika kita sedang melatih bokong. Bokong yang terasa sedikit bergerak saat bersepeda itu normal.

3. Mengencangkan bokong
Avery juga mengingatkan untuk mengencangkan bokong saat berdiri sambil mengayuh sepeda. Ini bakal membantu mengaktifkan otot dan membentuk bokong.

4. Gunakan resisten
Menggunakan resisten berarti membuat kayuhan jadi berat seperti melalui tanjakan. Ini juga penting untuk melatih otot-otot bokong.

5. Fokus saat menanjak
Bagian menanjak adalah bagian paling penting untuk membentuk bokong. "Ketika kita menanjak, jaga agar pinggul di belakang dan kencangkan bokong. Konsentrasikan menggunakan otot-otot bokong untuk menaklukkan tanjakan," katanya.

6. Jangan lewatkan pendinginan
Pendinginan itu tak kalah penting dengan pemanasan. Manfaatkan waktu beberapa menit untuk sejenak pendinginan bersama kelas sambil menikmati musik. Ini bermanfaat untuk meregangkan dan memulihkan otot.

7. Latihan di luar kelas
Jangan lupa juga untuk latihan selain sepeda. "Squat, lunges dan latihan beban juga membantu membentuk bokong," kata Avery. Semua latihan itu bakal membuat tubuh lebih kuat sehingga kelas sepeda jadi lebih menyenangkan lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com