Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2016, 19:02 WIB

KOMPAS.com - Salmon menjadi salah satu asupan yang bermanfaat bagi tubuh, selain baik untuk kesehatan jantung, salmon juga dapat meningkatkan perkembangan otak.

Salmon sarat akan protein dan omega 3 (DHA dan EPA), dimana dapat membantu otak, saraf, serta perkembangan kesehatan mata. Berikut adalah 7 manfaat salmon bagi daya tahan tubuh lainnya yang perlu diketahui:

1. Mengonsumsi salmon dapat membantu mengobati radang sendi dan peradangan sendi lainnya.

Salmon mengandung protein yang disebut peptide bioaktif. Salah satu khususnya adalah kalsitonin, yang telah terbukti dapat meningkatkan, mengatur, serta menstabilkan sintesis kolagen pada tulang rawan osteoartritik manusia. Protein pada salmon juga mampu meningkatkan kepadatan serta kekuatan tulang.

2. Salmon juga dapat mengurangi risiko depresi.

Dengan mengurangi risiko depresi akan menyehatkan fungsi otak dan sistem saraf. Mengonsumsi salmon secara teratur telah dikaitkan dapat mengurangi risiko depresi dan penurunan kognitif pada orang tua.

3. Salmon juga mampu meningkatkan kesehatan jantung, dimana mereka mengandung kadar yang tinggi dari omega 3, EPA, dan DHA.

Kandungan tersebut bertanggung jawab terhadap manfaat kardiobaskular, seperti mengurangi peradangan. Ketika rutin mengonsumsinya dua sampai tiga kali per-minggu, salmon mampu melindungi tubuh dari masalah serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan trigliserida yang tinggi.

4. Mengonsumsi salmon juga mampu membantu pengembangan otak anak.

Bukan hanya itu, ketika dikonsumsi wanita hamil serta menyusui, salmon dapat meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi akademik anak. Salmon mengandung tinggi DHA, yang merupakan asam lemak struktural utama dalam sistem saraf pusat dan retina.

5. Salmon merupakan sumber vitamin D.

Ini sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 1, dan radang sendi.

6. Salmon kaya nutrisi.

Sama seperti daun hijau segar, salmon juga mengandung protein, vitamin B, dan asam lemak omega 3, dimana sebagai pelengkap antioksidan dan vitamin C.

7. Rutin mengonsumsi salmon ternyata juga dapat mencegah kerusakan sel.

Salmon merupakan sumber selenium, yaitu mineral yang bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh.

Ini berkaitan dengan penurunan risiko radang sendi, menjaga sistem kekebalan tubuh dan tiroid, serta membantu menjaga jaringan tubuh dengan mencegah kerusakan sel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com