Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2016, 20:06 WIB

KOMPAS.com - Di era digital ini pasti banyak anak yang kerap menghabiskan banyak waktu di depan layar baik layar handphone maupun televisi. Tidak hanya mengganggu perkembangan otaknya, kebiasaan buruk ini dapat mengganggu kesehatannya.

Malas bergerak akan membuat si kecil mudah sakit. Untuk itu, Mama perlu mencegah anak kecanduan gadget dengan cara berikut ini.


1. Menyiapkan jadwal rutin

Anak adalah sosok yang mudah untuk melakukan sebuah kebiasaan. Maka, orangtua harus menghentikan kebiasaan anak dengan kebiasaan baru.

Meskipun membutuhkan waktu, kondisi ini akan membantu si kecil tidak ketergantungan pada perangkat elektronik. Misalnya setelah selesai sarapan, biasakan meluangkan waktu untuk bermain di luar ruangan.

Kebiasaan rutin ini akan membuatnya terbiasa melakukan aktivitas fisik dibanding melihat gadget saja.


2. Jangan fokus pada kegiatan olahraga saja

Melakukan kegiatan fisik tidak hanya seputar olahraga. Jika Anda terlalu memaksa si kecil melakukan olahraga, ini justru akan membuat si kecil menganggap olahraga jadi tugas yang membebani mereka.

Anda bisa melakukan kegiatan sederhana di luar rumah dua hingga tiga kali sehari. Saat keluar rumah dorong si kecil untuk berjalan, melompat, bermain bola, naik sepeda dan aneka kegiatan fisik lainnya.


3. Memberinya pilihan

Untuk menarik perhatiannya agar si kecil bergerak, Anda bisa melibatkan si kecil untuk memilih kegiatan fisik apa yang ingin dilakukannya. Ada berbagai ide kreatif yang bisa Anda lakukan untuk si kecil, seperti mencari serangga atau bermain petak umpet. Hal yang lebih penting yakni membiarkan si kecil mendapatkan udara segar dan bergerak.


4. Jangan berikan iming-iming hadiah

Olahraga bukanlah sesuatu tugas yang perlu diwajibkan secara paksa. Si kecil harus dibiasakan olahraga hingga akhirnya ia melakukan olahraga dengan sendirinya.

Berikan waktu olahraga yang menyenangkan seperti menggantinya dengan waktu bermain. Hal ini akan menimbulkan motivasi dalam diri mereka, sehingga Anda tak perlu memancingnya dengan hadiah.


5. Jangan memaksa dengan waktu tertentu

Untuk mencegah anak kecanduan gadget, jangan memaksa anak untuk melakukan aktivitas fisik dengan waktu tertentu. Hindari mengatur jam tertentu.

Biarkan ia memilih waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas fisik. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan kemampuan fisik yang dimiliki si kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com