Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Tubuh Sehat, Rikas Harsa Memusuhi Martabak dan Gorengan

Kompas.com - 31/08/2016, 09:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika melihat penampilannya sekarang, tak ada yang menyangka Rikas Harsa pernah bertubuh gemuk. Peraih L-Men of the Year 2010 itu memiliki berat badan 78 kilogram(kg) sekitar tahun 2007-2008. Kini, Rikas memiliki tubuh ideal dengan perut sixpack dan berat badan 69 kg. Apa rahasianya?

Saat mengkuti kontes L-Men 2009, Rikas mulai mengubah gaya hidupnya dengan rajin berolahraga dan konsumsi makanan sehat. Saat itu, Rikas sempat memusuhi makanan gorengan dan martabak. Padahal, keduanya adalah makanan kesukaannya.

"Sulit banget ninggalin gorengan dan martabak. Memang butuh waktu lama. Tapi dengan komitmen, yakin pasti bisa," kata Rikas dalam acara perayaan 15 Tahun L-Man di Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Menghindari gorengan dan martabak yang disukainya ternyata menjadi senjata ampuh untuk mendapat berat badan ideal. Tentu saja diimbangi dengan olahraga yang rutin.

Rikas olahraga di gym 3-4 kali dalam seminggu. Presenter acara jalan-jalan di stasiun TV swasta itu pun belajar memilih menu makanan sehat untuk memenuhi kecukupan nutrisinya.

"Jadi menghindari makanan gorengan dan berlemak. Diet itu bukannya enggak makan, tapi tahu cara makan yang benar, yaitu kita tetap kenyang tanpa tersiksa," kata Rikas yang kini hobi panjat tebing dan menyelam.

Meski tak keluar sebagai juara L-Men 2009, Rikas kemudian mencoba lagi tahun 2010 dan keluar sebagai pemenangnya. Tak disangka, Rikas saat itu langsung menjadi idola banyak wanita.

Hingga kini, Rikas konsisten menjalani hidup sehat dengan pola makan sehat, olahraga, tidak merokok, dan istirahat yang cukup. Bahkan ia berkomitmen menolak ajakan menjadi bintang iklan produk rokok meski sudah ditawari berkali-kali.

Memiliki tubuh atletis dengan perut sixpack menurut Rikas adalah bonus dari kebiasaan hidup sehat. Lebih dari itu, banyak sekali manfaat yang ia rasakan, seperti tak mudah sakit.

Menurut Rikas, gaya hidup sehatnya ini pun sangat mendukung kinerjanya sebagai pembawa acara jalan-jalan yang membutuhkan stamina prima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com