Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2016, 15:42 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Selain membuat hati gembira, bernyanyi ternyata juga membantu mengatasi masalah kesehatan paru-paru. Mereka yang memiliki masalah paru, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau bronkitis dan emfisema telah dianjurkan oleh dokter maupun ahli fisioterapi untuk bergabung dengan paduan suara atau kelompok bernyanyi.

PPOK bisa menurunkan fungsi paru jika tidak diatasi dengan baik. Orang dengan penyakit ini biasanya mengalami batuk yang tak kunjung sembuh karena aliran udara dari paru-paru terhambat. Selain itu, penderita PPOK juga sering mengalami sesak napas.

Dengan bernyanyi akan membantu melegakan aliran udara dari paru-paru. Namun, bernyanyi yang dimaksud bukan sekadar mengeluarkan suara, tapi dengan teknik pernapasan.

Latihan vokal tersebut bisa dilakukan sambil mengatur sistem pernapasan. Jadi, bukan asal bernyanyi dengan suara keras atau teriak-teriak yang justru bisa melelahkan pernapasan.

Menurut British Lung Foundation, bernyanyi dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, mengontrol pernapasan, dan memperkuat otot-otot sistem pernapasan.

Dr Nicholas Hopkinson dari Imperial College London mengungkapkan, dalam penelitian terhadap 400 orang, mereka yang rutin latihan bernyanyi memiliki kondisi paru-paru lebih baik.

Tak hanya kesehatan paru-paru, menurut Nicholas, bernyanyi sekaligus untuk mengurangi stres pada penderita penyakit paru. Bergabung dengan kelompok bernyanyi membuat mereka bersosialisasi dan meningkatkan kepercayaan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com