Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2017, 15:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Foxnews

KOMPAS.com - Ada banyak jenis kanker yang bisa menyerang anak-anak. Tetapi, Eden Green, gadis berusia 11 tahun asal Amerika Serikat terkena kanker langka yang belum ada namanya. Semuanya berawal saat Eden merasakan nyeri di kakinya saat ia berusia 10 tahun.

"Pada bulan Maret, suatu pagi saya terbangun dan merasakan nyeri berdenyut. Rasa sakit terus terasa pada hari itu," cerita Eden seperti dikutip dari Fox News.

Namun, rasa sakitnya tak kunjung hilang hingga membuat Eden sulit berjalan. Ia kemudian diperiksa di Texas Children’s Hospital. Dokter menyatakan Eden memiliki tumor.

Eden pun menjalani biopsi untuk mengecek tumor tersebut. Hasilnya ternyata tumor ganas  dan agresif. Tumor dengan cepat bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Dalam pemeriksaan lebih lanjut, tumor ganas itu sudah menyebar ke bahu Eden. Ibu Eden, Shannon Green mengungkapkan, tumor ternyata juga menjalar ke tulang punggung, panggul, dan kedua femur atau tulang pahanya. Namun tim dokter tak tahu pasti jenis kanker yang menyerang Eden.

"Kanker Eden sangat langka. Kami belum pernah melihat ini sebelumnya. Kanker ini juga belum ada dalam literatur," ujar Dr. Jennifer Foster dari Texas Children's Cancer Center.

Eden pun akhirnya menjalani 14 kali kemoterapi dan radioterapi selama enam minggu. Terapi itu umumnya diberikan kepada anak dengan kanker neuroblastoma atau sarkoma. Kanker merespon pengobatan dengan baik, tetapi beberapa terapi pengobatan melemahkan tulang Eden.

Dokter Foster mengatakan, Eden juga menjalani operasi pinggul untuk menstabilkan tulang pinggulnya. Selain itu, diperlukan terapi fisik untuk mengembalikan kekuatan tulangnya.

Untuk memastikan kanker tidak kembali, Eden akan rutin menjalani pemeriksaan ke dokter. Kondisi Eden yang ceria itu pun terus membaik.

Baru-baru ini, ia bahkan akan pergi menonton Super Bowl di Stadion NRG Houston. Eden sangat beruntung karena mendapat tiket gratis menonton pertandingan sepakbola itu dari Hyundai Hope on Wheels yang peduli terhadap kanker anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com