Rabu, 26 November 2014 14:30

BLOG EXPERTS KOMPASIANA / ARTIKEL

Bidan Romana Tari


Bidan Romana Tari hadir menjadi sahabat bagi perempuan dan keluarga, saling memperkaya informasi kaum perempuan di bidang kesehatan dan pengalaman sehari-hari dalam hidup.

Serba-Serbi Pertanyaan Seputar Menstruasi

Penulis : Bidan Romana Tari | Sabtu, 26 Mei 2012 | 07:40 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi

Ada apa sih sebenarnya dibalik serba-serbi menstruasi yang notabene hanya dialami para kaum perempuan dalam usia reproduksi?

Yuk kita lihat bersama beberapa hal seputar menstruasi. Enggak perlu khawatir, kita tak akan belajar teori yang rumit dan njlimet kok. Santai aja..saya coba jelaskan yang praktis-praktis saja agar mudah dipahami. Jika sahabat ingin teori lengkapnya, informasi dapat diperoleh melalui banyak situs lain di jagat maya.

Apa sih yang dimaksud dengan menstruasi itu ?

Menstruasi atau haid seringkali disebut kaum cewek ”datang bulan ”, definisi teoritisnya adalah : pelepasan dinding endometrium (dinding dari lapisan rahim) disertai keluarnya darah terjadi secara periodik dan teratur tiap bulan.

Mulai usia berapa sih anak perempuan mendapatkan menstruasi?

Usia tiap anak perempuan mendapat haid sangat bervariasi yakni antara umur 10 tahun hingga 16 tahun. Namun akhir-akhir ini usia anak perempuan mendapat menstruasi pertama semakin muda. Kapan saat mendapat menstruasi pertamakali sangat tergantung dari banyak hal, antara lain faktor keturunan, gizi, keseimbangan zat pengatur pertumbuhan (hormon), faktor psikologis dan sebagainya.

Apa syarat agar seorang perempuan bisa menstruasi ?

Untuk dapat terjadi menstruasi maka perlu adanya fungsi vagina, rahim, indung telur dan adanya hubungan yang sinergis dari hipotalamus - susunan syaraf pusat dengan indung telur. Hubungan ini digambarkan dengan terciptanya kekompakan sistem kerja hormon dalam tubuh seorang perempuan terutama hormon steroid (estrogen dan progesteron)

Seorang perempuan mempunyai dua indung telur atau disebut juga ovarium. Secara periodik setiap satu siklus kira-kira pada hari ke 14 ada salah satu sel telur matang yang dilepaskan dari indung telur. Bila tidak ada pertemuan sel sperma dan sel telur maka pembuahan tidak terjadi. Nah karena sel telur tidak dibuahi akan menyebabkan dinding rahim meluruhkan lapisan endometrium, terjadilah menstruasi.

Mengapa saat menstruasi ada yang mengeluh nyeri atau kram perut ?

Nyeri pada perut saat menstruasi (dismenorhoe) ini akibat dari gerakan otot rahim yang berusaha mengeluarkan darah menstruasi. Sensasi nyeri ini tidak lepas dari pengaruh suatu zat kimiawi yang diproduksi secara alami oleh tubuh bernama hormon prostaglandin. Nyeri atau kram perut (spasme) biasanya terasa mulai sejak sebelum menstruasi dan mencapai puncaknya paling kuat sekitar 12 jam setelah mulai keluar darah menstruasi.

Nah, adakalanya nyeri semakin kuat karena adanya ketegangan psikologis misalnya stres pekerjaan, kuliah, atau masalah keluarga.

Nyeri saat menstruasi itu bahaya nggak sih, apa harus ke dokter ?

Ada beberapa perempuan yang mengalami rasa nyeri yang sangat luar biasa, bahkan hingga menstruasi selesai. Keadaan seperti ini memerlukan pemeriksaan dokter spesialis kandungan agar diketahui adakah kelainan atau gangguan dari rahim.

Misalnya adanya kontraksi atau gerakan otot rahim yang berlebihan (hiperaktifitas kontraksi uterus), polip, kista, kelainan bentuk dari rahim, atau kemungkinan radang pada lapisan dinding rahim maupun pada panggul.

Kalau tiap mau mens minum obat anti nyeri terus menerus bahaya tidak ya ?

Obat anti nyeri termasuk kelompok zat kimia. Minum obat anti nyeri harus selalu dalam ukuran dan dosis yang terpantau tidak boleh sembarangan. Jenis obat analgesik atau obat anti nyeri bila dikonsumsi terus menerus secara “tidak aman tanpa resep dokter dan tidak sesuai dosis”, dapat  menggangu lapisan lambung, ginjal dan hati.

Bila seorang perempuan perlu mendapat pengobatan anti nyeri  dari dokter secara rutin pada saat menstruasi, maka tingkatan minum air putih untuk mengimbangi efek samping obat-obatan tersebut

Bagaimana upaya untuk mengurangi nyeri saat menstruasi selain obat ?

Ada banyak hal untuk meringankan keluhan nyeri menstruasi. Antara lain olahraga renang, senam, lari pagi, yoga, aerobik sebagainya.

Lakukan kompres hangat pada daerah nyeri, misal di perut atau pinggang. Latihan pernafasan relaksasi, terapi akupunctur, relaksasi dengan aromaterapi dan cukup istirahat. Jangan dilupakan pola makan perlu diperhatikan, kurangi garam dan kafein juga makanan yang pedas. Lebih baik konsumsi jus buah segar.

Benarkah bila sering nyeri menstruasi akan sulit punya anak ?

Tidak selalu demikian. Artinya pendapat bahwa setiap orang yang nyeri berlebihan pada waktu menstruasi dianggap akan sulit punya anak tidak seluruhnya benar. Buktinya ada  pula perempuan yang saat sebelum menikah sering mengeluh nyeri haid akhirnya bisa punya anak, bahkan nyeri haidnya jadi sembuh.

Untuk memastikan penyebab nyeri dan penentuan diagnosa perlu pemeriksaan lebih lanjut dari dokter spesialis kandungan. Bila nyeri memang dirasakan sangat mengganggu aktifitas bahkan sampai pingsan, maka sebaiknya jangan tunda untuk periksa ke dokter. Hal ini penting agar segera diketahui secara dini adakah kelainan pada letak dan posisi rahim atau alat kandungan secara keseluruhan. Pemeriksaan ni menggunakan alat USG dll.

Mengapa ada perempuan sudah berusia dewasa tapi belum juga mendapat menstruasi ?

Nah ini PR penting buat para ibu, bila mempunyai anak perempuan yang memasuki usia pubertas belum juga mens maka perlu dibawa pada dokter. Penyebab terlambat mendapat menstruasi sangatt bervariasi. Antara lain adalah faktor ketidak seimbangan hormon, keturunan, gisi, dan yang amat penting adalah fungsi dari rahim sendiri, termasuk juga keadaan selaput dara. 

Lho apa hubungannya selaput dara dengan tidak mendapat menstruasi ya?

Begini, selaput dara pada perempuan secara alami terdapat sedikit celah untuk mengeluarkan darah haid. Apabila selaput dara ini buntu sama sekali maka darah menstruasi tidak bisa keluar. Keadaan ini disebut hematokolpos atau  hematometra. Yakni suatu keadaan dimana darah haid terkumpul dalam vagina akibat selaput dara yang buntu (himen imferporata) dan bisa juga karena penyumbatan lainnya ( Kapita selekta kedaruratan obstetri ginekologi;224 th 1994 ).

Sebagai bantuan agar darah tersebut bisa keluar maka dokter kandungan akan melakukan tindakan bedah sebagai bantuan untuk mengeluarkan darah  menstruasi yang tertahan, caranya dengan membuat celah pada selaput dara sebagai saluran keluarnya darah menstruasi.

Mengapa gizi memegang peranan penting untuk proses menstruasi ?

Berbagai penelitian telah dilakukan oleh para ahli bahwa berat badan yang ekstrem (terlalu kurus maupun terlalu gemuk) akan mempengaruhi fertilitas atau kesuburan. Keseimbangan kerja hormon dalam tubuh menjadi terganggu. Terutama hipotalamus yakni bagian yang mengatur hormon GnRH (gonadotropin – realising hormon) .

Obesitas atau kegemukan meningkatkan juga kadar hormon androgen yang menimbulkan gangguan fungsi hipotalamus. Sehingga tidak terjadi proses pematangan sel telur atau disebut anovulasi. (Asuhan kebidanan Edisi 4, Hellen Varney dkk, 2007 )

Darah saat menstruasi yang keluar banyak bahaya tidak ya ?

Jumlah darah yang keluar saat menstruasi sangat bervariasi dan setiap orang tidak akan sama. Hari pertama umumnya akan banyak dan warna cenderung merah segar, lalu berangsur akan berkurang sampai dengan hanya flek kecoklatan saja. Hal ini masih dalam batas normal.

Tetapi bila setiap mendapat menstruasi keluar darah dalam jumlah banyak, merah segar,mengalir deras bahkan berlanjut berhari hari dan menyebabkan tanda atau gejala anemia seperti pusing, pingsan segera periksakan diri ke dokter. Perlu juga ada informasi tambahan dari keluarga apakah ada keturunan orang tua mengalami kelainan pembekuan darah.

Pada usia menjelang menopause kadang mens tidak teratur, apakah ini wajar ?

Ya hal ini wajar, ibu tak perlu cemas. Secara bertahap menjelang usia 45 - 55 tahun, fungsi alat kandungan mengalami penurunan. Terutama produksi sel telur. Masa-masa ini ada kalanya menjadi masa yang sedikit menggelisahkan. Pada kurun waktu menjelang menopause ini terjadi penurunan hormon estrogen.

Namun adapula perempuan yang merasa senang karena ada pertanda berhentinya menstruasi. Tak perlu repot-repot katanya. Usia 45 tahun ke atas ibu jangan kaget bila menstruasi mulai tidak teratur dan akhirnya berhenti sama sekali.

Terlambat menstruasi minum obat pelancar haid boleh tidak ya ?

Secara alami tubuh mempunyai kemampuan untuk mengatur proses terjadinya pematangan sel telur dan terjadi pengeluaran sel telur yang tidak dibuahi. Obat-obat pelancar haid sebenarnya tidak perlu. Sebenarnya yang perlu adalah tingkatkan asupan makanan bergizi, kurangi stres mental, istirahat teratur, olahraga dan jaga stamina tubuh agar tidak sakit-sakitan, dijaga agar berat badan terlalu kurus jangan terlalu gemuk. Terlambat Menstruasi juga erat kaitannya dengan hormon dalam tubuh.

Mengapa ya menstruasi kok tidak teratur sering terlambat ?

Siklus menstruasi tiap perempuan berbeda satu sama lain, ada yang siklus pendek antara 21 - 24 hari lalu ada yang normal berkisar 28 hari atau 30 hari. Beberapa perempuan ada yang lebih panjang lagi sampai 42 hari. Bila selama ini rutin haid setiap bulan dan kadang maju atau bahkan mundur seminggu…atau tiba tiba sebulan tidak mens tidak masalah kok…, Nggak usah ditanya  “ Rembulan kenapa nggak datang-datang ? ” he he he.

Bagi suami istri, penggunaan alat pelindung (metode kontrasepsi) yang digunakan juga dapat  menjadi salah satu penyebab gangguan siklus menstruasi terutama pada KB hormonal baik suntik maupun pil dan alat kontrasepsi dalam rahim (sering dikenal dengan spiral). Hal ini wajar, biasanya bidan atau dokter telah memberikan konseling sebelum ibu memilih kontrasepsi hormonal. Konseling ini termasuk mengenai efek samping dari metode kontrasepsi yang dipilih.

Penggunaan metode KB apapun tetap ada angka kegagalan, kecuali tubektomi (steril pada perempuan) atau vasektomi (steril pada laki-laki). Oleh karena itu, pada pasangan suami istri kemungkinan tidak datangnya menstruasi dapat pula akibat pembuahan atau terjadi kehamilan. Perlu dilakukan test urine untuk mengetahui kepastian hamil.

Hal lain yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi adalah bila ibu menyusui, terutama mensusui secara esklusif. Pada masa menyusui hormon yang aktif adalah hormon prolaktin yang memproduksi ASI. Sehingga siklus haid menjadi berubah. Hal ini juga mengurangi kesuburan dan membantu menjarangkan kelahiran. Di kenal dengan Metode Amenorhoe Laktasi. Tapi….sebaiknya ibu menyusui tetap ikut KB. 

Kalau sebulan tidak menstruasi bahaya tidak sih ?

Sebaiknya perempuan tidak haid sebulan sebenarnya beruntung karena tidak mengalami kehilangan darah akibat haid. Tetapi kadang setiap perempuan merasa ada sesuatu yang kurang jika tidak menstruasi. Menstruasi bisa saja tiba – tiba absen tanpa pamit  tak perlu cemas. Bisa jadi karena kita terlalu stres, kelelahan atau perpindahan pekerjaan, rumah dan kantor.

Namun demikian disarankan bila tidak menstruasi berturut-turut selam 3 - 6 bulan sebaiknya seorang perempuan memeriksakan dirinya pada dokter. Kemungkinan  hal ini akibat gangguan hormonal dan gangguan fungsi indung telur dan sebagainya. Pada pengobatan dengan obat golongan kortikosteroid bisa pula mengakibatkan gangguan siklus menstruasi.

Terakhir…hubungan seksual saat menstruasi berbahaya tidak ya?

Sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual selama menstruasi. Mengapa? Karena pada saat menstruasi rawan terjadi infeksi.Terlebih bila salah satu pasangan menderita penyakit kelamin. Meskipun ada pendapat pro dan kontra mengenai hubungan seksual saat menstruasi seyogyanya dihindari saja dulu.

Pada saat menstruasi, kadangkala terjadi pengeluaran lendir kesuburan juga. Mengingat kedua sel telur seorang perempuan akan matang secara bergantian. Maka kemungkinan  berhubungan seksual di saat menstruasi bisa saja terjadi kehamilan. Bagi pasangan yang menggunakan metode KB alamiah yakni pengamatan lendir dari rahim disarankan untuk menghindari hubungan seksual saat menstruasi.

Catatan :

Beberapa istilah yang perlu dikenal ;

  • Mittelschmers : adalah nyeri intermentrual pada perut bagian bawah. Umumnya berkaitan dengan ovulasi

  •  

  • Ovulasi : keluarnya sel telur yang sudah matang dan merupakan rangkaian awal proses persiapan pembuahan ( kehamilan ) dan bila tidak terjadi pembuahan berakhir dengan menstruasi

Waspada keganasan (kanker) pada alat kandungan:

Bila seorang perempuan sudah lama berhenti haid dan usia memasuki usia lanjut tiba – tiba mengeluarkan darah dari alat kelamin kemungkinan terdapat gangguan pada kandungan. Sebaiknya sesegera mungkin ke dokter spesialis kandungan.

Salam hangat, Semoga bermanfaat.


Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui