Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2013, 12:13 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com -
Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk menjaga kesehatan tubuh. Kalsium berfungsi antara lain untuk mempertahankan kepadatan tulang, menjaga irama jantung, transmisi impuls saraf, kontraksi otot, kontrol tekanan darah, dan berperan dalam proses pembekuan darah.

Sayangnya, kalsium termasuk dalam mineral yang tidak bisa diserap sepenuhnya dalam tubuh. Ahli gizi Nanny Djaja mengatakan, konsumsi kalsium dari makanan hanya dapat diserap sekitar 70 persen oleh tubuh, sedangkan dari suplemen hanyalah sekitar 30 persen.

"Pada dasarnya usus manusia tidak dapat 100 persen menyerap keseluruhan kalsium yang dikonsumsi," papar staf pengajar ilmu gizi di Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya ini dalam konferensi pers yang diadakan PT.Pfizer di Jakarta, Rabu (26/6/2013).

Jumlah kalsium yang terserap bisa lebih kecil lagi akibat beberapa kebiasaan yang kurang disadari. Nanny mengatakan, ada beberapa kebiasaan tertentu yang berimbas pada penurunan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium, antara lain.

1. Konsumsi alkohol
Konsumsi alkohol cukup signifikan dalam mengurangi kemampuan tubuh menyerap kalsium yang dikonsumsi. Bahkan konsumsi alkohol dosis sedang pun dapat berpengaruh cukup besar.

2. Konsumsi kopi
Hampir sama seperti konsumsi alkohol, kopi dapat menghalangi penyerapan kalsium dalam tubuh. Maka konsumsi kopi sebaiknya tidak lebih dari satu cangkir per hari, dan diminum jangan setelah waktu makan.

2. Diet kurang kalsium
Penyerapan tubuh yang tidak bisa 100 persen mengharuskan orang mengonsumsi lebih banyak kalsium. Kekurangan kalsium dari makanan bisa memperparah defisiensinya dalam tubuh.

3. Olahraga berlebihan
Olahraga berlebihan membuat tulang bekerja ekstra sehingga membutuhkan kalsium yang lebih banyak. Apabila kita tidak mampu menambah konsumsi kalsium, tubuh pun akan mengambilnya dari tulang.

4. Konsumsi obat steroid
Obat-obatan golongan steroid yang dikonsumsi dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan tubuh mengalami defisiensi kalsium. Hal tersebut dikarenakan steroid dapat menghalani penyerapan kalsium di tubuh.

5. Diet tinggi garam
Garam merupakan salah satu bahan yang menghalangi penyerapan kalsium. Diet tinggi garam juga akan meningkatkan risiko hipertensi yang berkaitan dengan kekurangan kalsium.

6. Diet tinggi protein
Sama seperti garam, protein juga dapat menghalangi penyerapan kalsium. Meskipun protein diperlukan untuk proses pertumbuhan dan regenerasi sel, namun sebaiknya dikonsumsi seimbang sesuai kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com