Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2013, 16:47 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


KOMPAS.com -Banyak wanita ternyata kerap menggunakan produk kosmetik yang sudah melewati batas waktu penggunaan alias kedaluwarsa. Berbagai produk kosmetik tersebut adalah lip gloss, bedak, alas bedak, dan concealer.

Laporan penelitian di Brazil belum lama ini menyebutkan, sebanyak 86 persen wanita mengakui tetap menggunakan kosmetik khususnya maskara meski sudah melewati batas masa penggunaan. Penggunaan maskara kedaluwarsa memang menempati persentase tertinggi dibanding jenis kosmetik lainnya.

Padahal menurut International Journal of Cosmetic Science, kosmetik kadaluwarsa dihuni berbagai bakteri. Bakteri ini bisa menginfeksi area penggunaan kosmetik. Penggunaan maskara kadaluwarsa misalnya dapat menginfeksi daerah mata.

Untuk riset ini, peneliti dari 2 perguruan tinggi di Brazil meneliti 40 sampel maskara wanita. Hasilnya, 79 persen sampel terkontaminasi bakteri staphylococcus.

Penyebabnya adalah lingkungan lembab dan gelap dalam botol maskara yang menjadi tempat ideal bakteri berkembang biak. Terutama setelah tiga bulan saat maskara sudah melewati masa pemakaian.

Penggunaan kosmetik kedaluwarsa dapat meningkatkan risiko penyakit mata merah (konjungtivitis) atau penyakit infeksi lainnya.

"Mata adalah daerah yang rentan terjadi infeksi," kata ahli kuman Kelly Reynolds, Ph.D. Walaupun penelitian ini menggunakan wanita Brazil, Reynold mengatakan, hasilnya akan sama bila uji make-up dilakukan di Amerika.

Reynolds menyarankan, wanita lebih memperhatikan peralatan kosmetik untuk mata. Kedekatan dan kontak kosmetik dengan mata, memungkinkan terjadinya iritasi lebih tinggi. Jika produk yang digunakan terkontaminasi bakteri, maka hal serupa terjadi di mata.

Reynolds memberikan beberapa tips untuk menjaga keamanan mata dan tetap terlihat cantik

1. Perhatikan masa pemakaian maskara

Food and Drug Association (FDA) tidak mewajibkan produsen menulis angka kadaluwarsa pada produk kosmetik. Sehingga Reynolds menyarankan wanita untuk melacaknya sendiri. Saat membuka botol maskara selalu ingat kapan membeli produk tersebut. Bila sudah lebih dari 3 bulan, segera buang, walau maskara belum kering.

2. Jangan saling berbagi

Reynolds memeperingatkan, berbagi make-up adalah cara utama kuman berpindah. Jadi simpanlah maskara di tempat tersembunyi, misalnya laci tempat tidur.

3. Belilah dalam kemasan kecil

Kemasan kecil memastikan maskara cepat habis, sebelum memasuki masa kadaluwarsa. Tentu saja membeli kemasan kecil terasa lebih mahal. "Produk tertentu memiliki zat pengawet yang tidak terlalu parah menimbulkan iritasi. Iritasi menyebabkan pengguna menggosok mata, akibatnya lebih mudah terjadi infeksi," kata Reynolds.

4. Perbaiki kebiasaan

Reynolds menyarankan untuk tidak mengaplikasikan maskara sebelum menggunakan lensa kontak. "Jika bakteri di make-up pindah ke mata, lalu ditutupi dengan lensa kontak, maka bakteri lebih cepat tumbuh," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com