Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2015, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Kepiting merupakan salah satu andalan hidangan laut atau seafood yang paling mudah dijumpai. Rendah kandungan lemak dan mengandung 82 kalori per 3 ons sajiannya. Tetapi mengapa kita perlu mengonsumsi kepiting ?

Karena hidangan laut satu ini tergolong kaya akan vitamin dan mineral yang membuat tubuh lebih sehat dan menjadi bagian dari program diet atau menjaga berat badan. Ada banyak rumor yang membuat orang menjauhi kepiting, salah satunya alasan kolesterol. Namun sebenarnya manfaat yang dibawanya lebih banyak. Apa saja?

Protein
Rekomendasi konsumsi harian akan protein adalah 46 gram untuk wanita, dan 56 gram untuk pria, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Sajian sebanyak 3 ons atau 100 gram daging kepiting akan menyediakan 16,45 gram protein yang dibutuhkan.

Protein di dalam tubuh akan berguna sebagai nutrisi penting untuk membangun otot dan jaringan. Kepiting merupakan salah satu sumber protein yang tinggi, yang mensuplai 20 asam amino untuk kebutuhan tubuh.

Vitamin B12
Kepiting merupakan sumber terpercaya untuk vitamin B12. Kita sangat dianjurkan mengonsumsi vitamin ini sebanyak 2,4 mikrogram setiap hari. Sajian 3 ons atau 100 gram daging kepiting akan mensuplai 9,78 mikrogram.

Vitamin B12 membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang sehat. Selain itu juga mendukung fungsi kerja otak. Menurut National Institutue of health, mendapat kandungan vitamin B12 juga dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

Sodium dan Kolesterol
Sajian per 3 ons atau 100 gram kepiting mengandung 911 miligram sodium. Untuk ukuran orang dewasa sehat ada baiknya membatasi asupan sodium 2.300 miligram sehari, sementara yang berpenyakit jantung dan yang sudah berusia di atas 50 tahun baiknya membatasi asupannya 1.500 miligram lebih kurang. Kebanyakan konsumsi sodium dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Konsumsi kepiting sebanyak 3 ons juga setara dengan 45 miligram kolesterol. Konsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan resiko penyakit jantung dan stroke. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi lebih dari 300 miligram kolesterol per hari. Jika mengidap sakit jantung, batasi kurang dari 200 miligram.

Tips

Menikmati sajian kepiting juga bisa dengan salad atau menambahkannya ke dalam sup. Kombinasikan daging kepiting yang sudah dipotong dengan mayones rendah lemak, kupasan bawang dan herbal, atau dicampur dengan roti isi. Menikmati daging kepiting juga bisa dengan jamur atau kacang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com