Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2023, 15:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Batu empedu adalah penyakit yang menyebabkan seseorang merasakan sakit perut tiba-tiba yang intens, mual muntah, diare, hingga tubuh menguning.

Kondisi tersebut tentunya membuat orang yang mengidap penyakit batu empedu merasa kesakitan dan ingin mengetahuia ciri-ciri batu empedu sudah keluar atau sudah sembuh.

Untuk diketahui, batu empedu dapat hancur dan keluar dari tubuh dengan sendirinya atau setelah penderita menjalani perawatan medis.

Simak lebih lanjut untuk mengetahui cara mengobati cholelithiasis sampai ciri-ciri batu empedu sudah keluar dari tubuh.

Baca juga: 10 Cara Alami Menghilangkan Batu Empedu Tanpa Operasi dan Obat

Bagaimana cara mengobati batu empedu?

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Ahmad Akbar, Sp. PD menjelaskan, pengobatan batu empedu bisa dengan obat atau operasi.

"Pengobatan empedu memang bisa dengan obat atau dengan operasi," ungkap Akbar kepada Kompas.com, Kamis (31/8/2023).

"Yang dengan obat, yang mengandung asam empedu sehingga diharapkan dapat memecah batu tersebut sehingga menjadi kecil-kecil atau melarutkan batu yang keras tersebut untuk bisa keluar dengan sendirinya melalui salurannya," imbuhnya.

Disarikan dari Clevelanc Clinic dan Verywell Health, obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan batu empedu, seperti ursodeoxycholic acid, fenavel, ursochol, estazor, hingga urdex.

Kemudian, tindakan medis yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit batu empedu, antara lain:

  • Operasi batu empedu dengan laparoskopi yang bertujuan mengangkat kandung dan batu empedu
  • Kombinasi endoskopi dengan sinar X unuk menghilangkan batu di saluran empedu.

Selain dengan pengobatan, perubahan pola makan juga diperlukan untuk mengatasi batu empedu, misalnya diet kaya serat, membatasi konsumsi makanan berlemak dan tinggi kolesterol, hingga konsumsi makanan bervitamin C.

Baca juga: 12 Tanda-tanda Batu Empedu, Pantang Diabaikan

Apa ciri-ciri batu empedu sudah keluar?

Lebih lanjut, dokter Akbar menjelaskan ciri-ciri batu empedu sudah keluar dari tubuh yaitu berkurangnya gejala atau keluhan yang dirasakan pasien.

"Secara klinis yang bisa dirasakan pasien yaitu keluhan membaik, artinya nyeri perut berkurang, mual muntah berkurang, atau jika ada kulit kuning maka akan menghilang kuningnya," papar dokter spesialis penyakit dalam RS JIH Solo tersebut.

Akan tetapi, untuk memastikan apakah penyakit batu empedu sudah sembuh, Akbar menyarankan pemeriksaan USG dengan dokter untuk menilai ukuran dan jumlah batu pasca pengobatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com