Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2023, 13:01 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Penderita batu empedu sering tidak menyadari kondisinya. Pasalnya, beberapa gejala batu empedu mirip dengan masalah medis lain, seperti sakit perut dan muntah. Lantas, apa yang dirasakan saat sakit batu empedu?

Sebelum membahas sakit batu empedu atau cholelithiasis itu seperti apa, ada baiknya untuk mengetahui beberapa penyebab batu empedu berikut.

Baca juga: Kenali Apa itu Batu Empedu, Gejala dan Cara Mengobatinya

Apa penyebab batu empedu dan faktor risikonya?

Batu empedu umumnya disebabkan endapan kolesterol dan bilirubin yang berlebihan di dalam kantung empedu.

Endapan tersebut terjadi akibat cairan empedu tidak mampu melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang dihasilkan hati.

Gejala sembelit penting dikenali untuk mendukung upaya diagnosis dini dan pengobatan sesegera mungkin gangguan pencernaan ini.

Batu empedu yang terjadi akibat endapan kolesterol biasanya berwarna kuning atau kehijauan. Sementara, batu empedu akibat penumpukan bilirubin cenderung berwarna hitam pekat.

Selain itu disarikan dari Mayo Clinic dan Verywell Health, ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang rentan mengalami penyakit batu empedu, yaitu:

  • Genetika atau riwayat keluarga
  • Berusia lebih dari 40 tahun
  • Jenis kelamin, perempuan lebih rentan mengalami penyakit batu empedu
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Melewatkan waktu sarapan
  • Pola makan yang tinggi lemak, tinggi kolesterol, dan atau rendah serat
  • Memiliki kadar trigliserida yang tinggi
  • Memiliki kadar estrogen yang tinggi akibat kehamilan atau penggunaan pil KB
  • Penyakit hati
  • Infeksi saluran empedu
  • Jarang olahraga.

Baca juga: 12 Tanda-tanda Batu Empedu, Pantang Diabaikan

Apa yang dirasakan saat sakit batu empedu?

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Ahmad Akbar, Sp. PD, menjelaskan kondisi yang dirasakan saat sakit batu empedu, yaitu rasa nyeri pada perut bagian atas dan tengah.

Kemudian ketika batu sudah menumpuk dan menyebabkan penyumbatan kantung empedu, penderita dapat mengeluhkan masalah lain seperti mual hingga badan tampak menguning.

Dokter spesialis penyakit dalam dr Ahmad Akbar, Sp. PD menjelaskan mengenai rasa sakit atau keluhan akibat batu empedu Dokter spesialis penyakit dalam dr Ahmad Akbar, Sp. PD menjelaskan mengenai rasa sakit atau keluhan akibat batu empedu

"Jadi nyeri perut akibat adanya batu empedu umumnya muncul di area perut kanan atas, perut tengah, bisa disertai dengan mual muntah, badan kuning, yang datang secara tiba-tiba atau mendadak dikarenakan kantung empedu dipenuhi dengan batu empedu," ujar dokter Akbar kepada Kompas.com, Kamis (31/8/2023).

Dokter yang berpraktik di RS JIH Solo itu kemudian memaparkan gejala penyakit batu empedu yang bisa dikenali.

Yang pertama, jika seseorang merasakan nyeri mendadak di perut bagian kanan atas dan semakin meningkat intensitasnya, ini bisa menjadi tanda-tanda cholelithiasis.

Selain itu, ciri-ciri batu empedu juga bisa berupa mual, muntah, sakit punggung, dan atau sakit di bahu kanan.

"Terlebih lagi jika (gejala di atas) terjadi pada pasien wanita, berusia lebih dari 40 tahun, obesitas, kurang aktivitas fisik, makanan makanan tinggi lemak, tinggi gula," imbuh dokter alumni pendidikan spesialis penyakit dalam Universitas Sebelas Maret Surakarta tersebut.

Lebih lanjut, dokter Akbar menyarankan orang yang mengalami keluhan di atas untuk segera melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter.

Baca juga: 10 Cara Alami Menghilangkan Batu Empedu Tanpa Operasi dan Obat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com