Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segelas Wine Setiap Hari Bisa Menyehatkan

Kompas.com - 08/09/2011, 09:34 WIB

KOMPAS.com - Konsumsi alkohol secara berlebihan memang buruk untuk kesehatan. Namun jika kita tahu batasannya konsumsi alkohol, terutama wine justru menyehatkan khususnya untuk kaum wanita.

Penelitian terbaru menunjukkan mereka yang berusia 50 tahun dan mengonsumsi sedikit wine secara teratur ketika jam makan malam lebih cenderung terhindar dari penyakit mulai dari kanker hingga penyakit jantung, dibandingkan mereka yang minum secara berlebihan.

Sebuah penelitian besar menyimpulkan dampak konsumsi wine dalam jumlah yang moderat dapat membuat pikiran seseorang lebih tajam, tubuh lebih bugar dan berada dalam kesehatan mental yang lebih baik. Meski begitu, para ahli mengatakan penelitian ini tidak boleh digunakan untuk membenarkan bahwa alkohol selalu baik bagi kesehatan.

Menurut peneliti, kesehatan yang prima terkait juga dengan faktor lain, misalnya menjalankan pola makan yang sehat dan rutin olahraga. Mereka juga menunjukkan bahwa alkohol dapat menyebabkan seseorang yang sudah lanjut usia lebih beresiko terjatuh.

Para peneliti dari Harvard University mengamati sebanyak 120.000 perawat wanita berusia 58 tahun (kelompok peminum sedang) dan diamati riwayat kesehatan mereka sampai usia 70 tahun.

Hasil menunjukkan hampir 11 persen dari mereka yang telah menginjak usia 70-an, mempunyai kondisi kesehatan yang baik. Mereka diketahui bebas dari 11 jenis penyakit yang umum dialami pada usia tua, seperti kanker, stroke, serangan jantung, dan diabetes.

Mereka juga mempunyai mental yang tajam, jauh dari penyakit Alzheimer, dan sehat secara fisik. Hal ini juga berlaku pada mereka yang mengonsumsi alkohol secara teratur dengan dosis ringan sampai sedang, sebagaimana dilaporkan dalam journal PLoS Medicine. Peneliti mengatakan, minum 15g sampai 30g alkohol sehari dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dalam beberapa tahun kemudian sebesar 28 persen, terutama dengan mengonsumsi wine.

Para peneliti merekomendasikan bahwa perempuan bisa mengkonsumsi alkohol sebesar 15g sehari (untuk mencegah kemungkinan kanker payudara). Jumlah ini setara dengan sekitar dua gelas kecil anggur, dan berpotensi untuk meningkatkan kesehatan di usia tua (hampir 20 persen).

Penelitian ini juga menunjukkan, setiap hari mengonsumsi alkohol lebih menguntungkan daripada hanya sesekali atau dua kali dalam seminggu. Menurut mereka, peminum harian 50 persen lebih mungkin untuk memiliki usia tua sehat daripada mereka yang tidak pernah minum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com