Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Seks Terjadwal Kurangi Kepuasan

Kompas.com - 17/11/2011, 13:17 WIB

Kompas.com - Agar terjadi pembuahan hubungan seksual memang harus dilakukan pada saat masa subur. Sayangnya ajakan bercinta di masa subur sering terasa sebagai kewajiban belaka sehingga mengurangi kepuasan.

Menurut sebuah penelitian di Inggris, rata-rata pasangan berhubungan seksual 104 kali sebelum berhasil hamil, atau rata-rata 4 kali dalam seminggu selama 6 bulan. Tak heran jika hubungan intim yang terjadwal tersebut seperti sebuah beban.

Jangan sampai Anda dan pasangan tidak bisa menikmati hubungan seksual, apalagi sampai mengorbankan hubungan emosional, gara-gara dikejar target memiliki momongan. Simak kiat-kiat mengembalikan romansa bercinta bersama pasangan.

Lupakan jadwal

Yang membuat seks terasa menyenangkan adalah bisa dilakukan secara spontan. Walau Anda selalu melakukannya di tempat tidur atau di malam hari paling tidak Anda berdua memegang kendali kapan ingin melakukannya dan tidak.

Meski hati sudah tak sabar menimang bayi, tak ada salahnya melupakan sejenak jadwal-jadwal ovulasi. Lakukan seks tak hanya di saat masa subur. Tak ada salahnya mencoba berbagai variasi posisi atau hanya sekedar melakukan foreplay untuk mengembalikan gairah bercinta. Nikmati hubungan seks kapan pun Anda berdua menginginkannya. Pandanglah hubungan seks sebagai waktu istimewa untuk membangun fondasi yang solid sebagai pasangan.

Timbulkan empati

Menurut sebuah survei terhadap peserta program kehamilan, 11 persen pria mengaku mereka diperlakukan seperti "alat" atau pejantan untuk membuahi sel telur. Tak heran jika banyak pria merasa malas berhubungan seks karena yang diinginkan istri hanyalah ejakulasi.

Untuk mencegah hal tersebut, tingkatkan komunikasi dengan pasangan untuk memahami perasaan masing-masing. Bagaimana pun diperlukan kerjasama dua belah pihak untuk mencapai tujuan bersama.

Lakukan rekreasi

Seluruh proses program kehamilan yang dijalani bisa membuat pasangan merasa berada dalam tekanan. Kalau sudah begini biasanya pasangan akan merasa kurang bergairah untuk berhubungan seks.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility & Sterility menemukan wanita yang menjalani program kehamilan sering merasa kehilangan gairah dan merasa kurang puas saat bercinta.

Untuk menyiasatinya, lakukan berbagai kegiatan menyenangkan dengan pasangan, termasuk berlibur. Kembalikan kembali masa-masa romantis di awal pernikahan yang sulit dilupakan. Hal ini juga akan membawa Anda dan pasangan lebih bergairah dalam sesi bercinta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com