Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2012, 11:36 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang gagal menahan diri dari keinginan merokok. Beragam upaya telah dipraktikkan seperti mengganti rokok dengan permen karet, menyantap buah-buahan, berpuasa, hingga sugesti pada diri sendiri. Namun rasanya tetap sulit untuk berhenti merokok, terutama bagi mereka  para pecandu berat.

Tetapi hal itu bukan berarti tak ada jalan lain untuk melupakan rokok.  Hasil riset Adrian Taylor dari United Kingdom's University of Exeter beserta koleganya dari Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada ini mungkin dapat membantu Anda. Para peneliti ini menemukan cara untuk meredam keinginan merokok dengan berolahraga. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal Addiction.

Studi yang meneliti 19 subyek percobaan ini menggabungkan beberapa responden ke dalam kelompok-kelompok. Ada kelompok dengan minim aktivitas seperti duduk atau diam sambil menonton video selama berjam-jam, ada pula kelompok yang mengerjakan aktivitas fisik seperti jalan cepat atau naik sepeda. Seluruh responden peneltian ini adalah perokok aktif. Tak satupun dari mereka tengah dalam program berhenti merokok.

Secara umum,  keinginan merokok  para responden usai melakukan olahraga cenderung lebih berkurang. Taylor mengatakan, keinginan merokok di antara responden yang berolahraga  sepertiga lebih kecil dibandingkan mereka yang menerapkan gaya hidup kurang aktif atau sedentari.

Namun, belum jelas faktor apa yang menyumbang perbedaan itu. Taylor menduga, olahraga memberi "gangguan" terhadap kebiasaan merokok. Olahraga dapat memperbaiki mood atau suasana hati, sehingga responden tidak lagi merasakan adanya suatu keinginan kuat, yang biasanya terpenuhi dengan menghisap rokok.

Walaupun belum diketahui faktor pembedanya, bagaimanapun olahraga adalah kegiatan positif bagi setiap orang. Kebiasaan sehat ini memberikan manfaat untuk kesehatan yang tidak dapat ditawar lagi.

Khusus bagi perempuan, berhenti merokok membuat kebanyakan  dari mereka mengalami penambahan berat badan. Sehingga hal itu sering kali memicu mereka  untuk kembali merokok. Tetapi dengan berolahraga, perempuan yang telah berhenti merokok tetap bisa memiliki berat badan ideal, tanpa kembali ke kebiasaan lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com