Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2013, 13:08 WIB

Kompas.com - Pil kontrasepsi alias pil KB adalah jenis kontrasepsi yang paling populer. Meski memiliki sejumlah keunggulan, tetapi sebagian wanita yang memilih kontrasepsi ini mengalami efek samping rasa nyeri saat berhubungan seksual.

Dalam pertemuan ilmiah asosiasi ahli urologi Amerika, disampaikan efek samping dari pil KB dosis rendah terhadap timbulnya sindrom nyeri kronik di bagian panggul dan nyeri saat bercinta.

Ketua peneliti, Nirit Rosenblum, asisten profesor urologi dari New York University Langonge Medical Center, menyebutkan makin banyaknya pasien wanita yang mengeluhkan gejala nyeri pada panggul dan vagina.

"Kebanyakan dari pasien tersebut menggunakan pil kontrasepsi dosis rendah," katanya.

Kemudian Rosenblum melakukan survei anonim terhadap lebih dari 900 wanita berusia 18-39 tahun. Wanita yang mengonsumsi pil KB dosis rendah masuk dalam kriteria kelompok yang menderita sindrom nyeri panggul dibanding wanita yang tidak menggunakan pil KB atau yang memakai pil KB dosis normal.

Wanita yang menggunakan pil KB dosis rendah juga melaporkan rasa nyeri selama atau setelah orgasme.

Hasil survei ini hanya menunjukkan kaitan antara pil KB dosis rendah dan nyeri panggul, bukan hubungan sebab akibat. Tetapi, jika memang pil KB dosis rendah berada di balik rasa sakit itu, Rosenblum mengatakan mungkin itu karena mekanisme terkait dosis.

"Wanita yang pakai pil dosis rendah biasanya kadar estrogennya juga rendah, sehingga hal itu mungkin terkait. Tapi memang perlu dibuktikan dengan penelitian mendalam," katanya.

Jika Anda juga mengalami keluhan yang sama, disarankan untuk berkonsultasi pada dokter untuk menentukan apakah perlu diganti dosisnya atau mengganti metode kontrasepsi lainnya.

"Jika kita diberikan obat, kita harus memahami potensi efek sampingnya sehingga kita langsung mengenali setiap gejala yang timbul. Kita juga perlu mempertimbangkan apakah efek samping dari pengobatan lebih besar dari manfaatnya," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com