Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2013, 16:01 WIB


TANYA:

 
Yth. Dokter, anak saya sejak umur 3 tahun sudah beruban (rambut putih). Sampai saat ini semakin bertambah banyak ubannya. Sebenarnya apa penyebabnya, bisa disembuhkan atau tidak. Saya pernah konsultasi ke dokter spesialis kulit tapi tidak ada perubahan (katanya karena keturunan). Terima kasih sebelumnya.

Ignatius, Lampung Tengah


JAWAB :

Pertumbuhan rambut putih/uban lebih dini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti faktor genetik/keturunan bila dalam keluarga ada yang mengalami hal serupa, kelainan pigmen kulit seperti vitiligo, kekurangan zat-zat nutrisi seperti vitamin B12, tembaga (copper), natrium dan sebagainya. Kelainan hormonal, metabolik, dan asap rokok dapat juga menyebabkannya.

Pengobatannya adalah tergantung dari penyebabnya dan itu harus dicari secara teliti dan melalui pemeriksaan yang komprehensif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com