Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2013, 10:09 WIB

TANYA :

Prof, saya seorang istri yang setiap kali berhubungan dengan suami selalu merasa kurang gairah. Saya selalu tidak merasa mencapai kepuasan. Padahal, suami saya sudah berusaha untuk membuat saya terangsang, namun saya susah sekali untuk dirangsang. Hal yang membuat saya bisa terangsang jika suami saya bekerja di luar kota, dan saat suami saya pulang, kita melakukan hubungan seks.. Nah, itu baru saya bisa terangsang. Kenapa ya Prof, saya mohon masukannya.

(Lien Maulina, 24, Langsa)


JAWAB :

Saya harap pengertian kita sama mengenai apa yang Anda maksud "gairah". Kalau "gairah" yang Anda maksud adalah dorongan seksual atau keinginan untuk melakukan hubungan seksual, itulah yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Dorongan seksual dipengaruhi oleh hormon testosteron, kondisi kesehatan secara umum, faktor psikis, rangsangan yang diterima, dan pengalaman seksual sebelumnya. Kalau salah satu atau lebih faktor tersebut terganggu, maka dorongan seksual terganggu. Jadi kalau Anda merasakan gairah seksual Anda kurang atau mungkin hilang, boleh jadi disebabkan oleh salah satu atau lebih faktor tesebut.

Sebagai contoh, kalau selama ini Anda tidak pernah atau jarang sekali mengalami kenikmatan seksual, akibatnya gairah seksual Anda hilang. Andaikata kondisi kesehatan Anda tidak optimal misalnya karena gangguan atau penyakit tertentu, maka gairah seksual dapat hilang. Jadi untuk mengatasi ini, perlu Anda ketahui apa penyebabnya.

Mungkin saja ketidakpuasan yang Anda alami karena gangguan seksual pada suami, misalnya ereksi suami tidak baik. Nah, semua penyebab harus diatasi dulu. Untuk itu diperlukan pemeriksaan yang benar sebelum masalah Anda dapat diatasi dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com