Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2013, 11:00 WIB

TANYA :

 

Prof, saya terlahir dalam keadaan sudah disunat, dan pernah dulu orang tua saya membawa saya ke ahli sunat, untuk mengecek apa saya harus disunat lagi atau tidak, dan ternyata tidak diharuskan lagi sunat karena sudah bersih katanya. Sekarang, saya sudah menikah dan Alhamdulillah saya mempunyai seorang anak. Yang saya mau tanyakan kenapa sekarang-sekarang ini jika terlalu lama melakukan hubungan intim, kelamin saya sering terasa sakit dan alat vital saya bengkok ke bawah hingga 45 derajat? Dan apakah kelainan ini akan menurun ke anak saya ? Terima kasih.

(Yudi, 29, Cianjur)

 

JAWAB :

Sulit memastikan apa yang Anda alami sebenarnya tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Mengenai penis yang Anda katakan “terlahir sudah disunat”, sangat mungkin Anda mengalami gangguan pertumbuhan kulit penutup bagian kepala penis sehingga lebih pendek. Akibatnya,  penis seperti sudah disunat.

Kalau ini benar, ya memang tidak perlu disunat lagi. Mengenai penis yang bengkok ke bawah, apalagi sampai 45 derajat, apalagi terasa sakit kalau melakukan hubungan seksual, tentu jangan dibiarkan.

Ada suatu gangguan yang menyebabkan penis seperti itu. Untuk memastikan, saya sarankan Anda segera berkonsultasi lebih lanjut dan mendapat pemeriksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com