Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2014, 16:59 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Menjalani operasi bedah plastik untuk terlihat lebih menarik atau yang dikenal juga dengan istilah estetik sudah dikenal dari dulu. Namun operasi tersebut kian menjadi tren saat ini, apalagi ditambah semakin banyaknya tempat yang menyediakan layanan tersebut.

Namun keamanan adalah hal perlu tetap diprioritaskan dalam menjalani operasi tersebut. Oleh karenanya, diperlukan pemilihan tempat layanan bedah plastik yang berkualitas dan terpercaya, serta kesiapan fisik pasien sendiri yang berhubungan dengan usia.

Guru Besar bidang bedah plastik rekonstruksi dan estetik dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga/RSUD Dr Soetomo, M Sjaifuddin Noer mengatakan, sebenarnya tidak ada batasan usia dalam menjalani bedah plastik estetik. Namun sebaiknya prosedur tersebut tidak dilakukan di usia yang terlalu muda.

Jika sifatnya rekonstruksi, misalnya untuk perbaikan pascakecelakaan atau memperbaiki kecacatan, kata dia, boleh saja dilakukan pada usia muda. Namun jika sifatnya estetik, artinya sudah normal namun ingin diperbaiki lagi, sebaiknya menunggu hingga usia pasien cukup matang.

"Usia matang sekitar 17-18 tahun karena sudah dapat memutuskan sendiri, bisa bertanggung jawab sendiri atas keputusannya," ujar Sjaifuddin saat ditemui dalam konferensi pers di Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Bedah Plastik FK UNAIR/RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jumat (24/1/2014).

Sementara itu, menurut Guru Besar bidang bedah plastik rekonstruksi dan estetik dari FK UNAIR/RSUD Dr Soetomo, David Perdanakusuma, selama fisik seseorang sehat tidak ada batasan usia untuk melakukan bedah plastik estetik. Alasannya, seseorang yang lebih mempedulikan penampilan, harusnya tidak ada masalah dari kesehatannya.

"Namun sebelum menjalani prosedur, kami tetap menanyakan dulu riwayat kesehatan dan alasan seseorang perlu melakukannya," ujarnya.

Sehingga dengan kata lain, lanjut David, setua apapun usia, seseorang tetap boleh manjalani prosedur bedah plastik estetik jika fisiknya memungkinkan. David juga menekankan, pentingnya pemilihan dokter spesialis bedah plastik yang memiliki izin praktek dan bersertifikat. Tujuannya, agar keamanan dari prosedur dapat dipertanggungjawabkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com