Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2014, 10:56 WIB


TANYA :

Prof, ada beberapa pertanyaan terkait gairah atau hasrat hubungan suami istri yang tak terpuaskan karena isteri sepertinya terlihat ogah-ogahan dalam melayani. Bahkan terkadang harus dipaksa. Yang ingin ditanyakan ;  1. Akibat tak terpuaskannya hasrat, apakah hal ini dapat memicu sakit kepala? Karena yang saya alami, apabila tidak jadi atau lama tidak berhubungan saya suka sakit kepala 2. Apakah seorang perempuan memiliki hasrat yang sama dengan laki-laki, tapi yang saya alami seolah dingin. Terima kasih

(Iman, 34, Garut)

 

JAWAB :

Munculnya dorongan seksual (gairah seksual) menimbulkan berbagai perubahan fisik dan psikis. Pada pria, misalnya teradi ereksi penis, sedangkan pada perempuan, terjadi perlendiran pada vagina.

Kalau hubungan seksual tidak dilakukan, maka perubahan yang terjadi antara lain seperti di atas, tidak segera hilang dan kembali ke keadaan semula.

Dalam waktu tersebut, kadang-kadang terasa ada keluhan misalnya sakit kepala, seperti yang Anda rasakan.

Perempuan normal sebenarnya juga mempunyai gairah seksual yang normal, sama seperti pada pria. Tetapi, kalau perempuan tidak pernah atau jarang sekali mengalami orgasme, salah satu akibatnya ialah gairah seksualnya menjadi hilang.  Bukan tidak mungkin istri Anda mengalami ini.  


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com