Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Jam Sehari Memakai "Smartphone" Picu Kanker Otak?

Kompas.com - 16/05/2014, 10:09 WIB

KOMPAS.com -- Menghabiskan 15 jam sehari menggunakan smartphone menyebabkan kanker otak. Peneliti dari University of Bordeaux menemukan hubungannya walau ini masih penelitian awal.

Umumnya manusia menggunakan dua setengah jam per hari untuk berbicara lewat smartphone. Namun, orang sibuk bisa lebih dari itu, bahkan sampai 900 jam secara total.

Peneliti mengambil kesimpulan dari 253 kasus glioma dan 194 kasus meningioma yang ada di Perancis dari 2004 sampai 2006. Dibandingkan dengan yang sehat, yang menderita meningioma dan glioma diketahui terlalu lama menggunakan smartphone. Maka, dicapailah hitungan 15 jam sehari menggunakan ponsel pintar menyebabkan kanker otak.

Penelitian yang rilis di jurnal British Occupational and Environmental Medicine ini tampaknya kembali memicu kontroversi apakah smartphone membuat orang menjadi sakit kanker otak. Namun, peneliti Roger Salamon mengatakan bahwa tidak perlu panik akan hal ini. Sebab, penelitian masih awal dan cukup sulit menentukan level risiko yang ada karena smartphone selalu berubah setiap saat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com