Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antar Jemput Naik Motor, Apa Efek Polusi pada Anak?

Kompas.com - 30/05/2014, 09:05 WIB


TANYA:

Dok, saya ingin bertanya mengenai pengaruh polusi pada kesehatan anak. Setiap hari saya mengantar anak-anak ke sekolah dengan naik motor yang jaraknya sekitar 10 km dari rumah. Anak saya sudah SD. Tetapi setiap hari kondisi jalan sangat macet. Sebenarnya saya takut karena anak saya jadi menghirup polusi udara. Apakah ada pengaruhnya pada penyakit batuk pilek anak saya yang cukup sering.
 
Lianawati, Pasar Minggu Jakarta

JAWAB
Polusi udara termasuk asap rokok mengandung banyak partikel-partikel yang berdampak buruk untuk kesehatan terutama di sistem pernapasan manusia. Partikel radikal bebas yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan kerusakan dan reaksi peradangan di lapisan sel saluran napas yang sebenarnya berfungsi sebagai benteng pertahanan sebagaimana kulit di tubuh kita.

Dengan rusaknya benteng tersebut maka akan mempermudah masuknya kuman ke dalam saluran napas dan akhirnya akan menyebabkan gangguan saluran napas seperti batuk pilek (berulang) bahkan sesak napas.

Paparan polusi udara pada anak dengan asma pun akan menjadi salah satu pencetus serangan asma yang terkuat. Sebaiknya saat si kecil berkendara menggunakan helm penuh muka sehingga mengurangi paparan asap polusi udara serta mengusahakan asupan gizi yang optimal sehingga daya tahan tubuhnya pun menjadi lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com