Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2014, 07:56 WIB


TANYA:

Dok saya mau tanya, sebenarnya berapakah frekuensi ideal BAB pada balita? Anak saya berusia 2 tahun tapi tidak setiap hari BAB, padahal ia makan cukup dan juga minum susu. Dia BAB setiap 3 hari sekali dan terkadang keras. Meski sudah diberi sayur dan buah tetap saja tinjanya keras. Apakah boleh ia saya beri obat pencahar?

 Runni, Jakarta

JAWAB :

Frekuensi ideal BAB pada setiap anak rata-rata adalah 1-2 kali per harinya dengan konsistensi tinja yang normal. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan keadaan dimana pola defekasi BAB-nya tidak seperti seharusnya diantaranya adalah masalah toilet training yang belum optimal, faktor psikologis atau pengalaman sebelumnya yang menyebabkan dia tidak merasa nyaman saat BAB, diet yang kurang serat atau kurang asupan cairan/air putih.

Untuk kasus si kecil sebaiknya ibu memulainya dengan memberikannya makanan yang banyak mengandung serat, memberikan air putih ekstra yang lebih sering dan membiasakannya berusaha untuk mencoba melakukan aktifitas BAB serta memberikannya rasa nyaman saat melakukannya. Apabila sebelumnya pola BABnya tidak ada masalah maka mudah-mudahan cara ini berhasil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com