Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Jus Wortel Identik dengan Kesehatan Mata?

Kompas.com - 06/03/2015, 14:21 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com -
Sayur dan buah yang mengandung vitamin A harus masuk dalam menu sehari-hari jika kita ingin memiliki indera penglihatan yang sehat. Sumber vitamin A yang sudah kita kenal sejak dulu adalah wortel.

Warna oranye cerah pada wortel sebagian besar berasal dari beta karoten. Beta karoten ini diubah menjadi vitamin A di dalam hati, yang kemudian ditransformasikan dalam retina untuk rhodopsin, pigmen yang meningkatkan kemampuan penglihatan.

Wortel juga mengandung lutein. Betakaroten dan lutein bisa kita temukan di retina mata. Kedua komponen tersebut melindungi mata, terutama pada malam hari. Selain itu, beta karoten juga dikenal membantu melindungi mata terhadap degenerasi makula dan katarak.

Segelas jus wortel diketahui mengandung 340 persen dari rekomendasi harian vitamin A. Vitamin lain yang terkandung adalah vitamin C, dalam 100 gram jus wortel mengandung 3 mg vitamin C, 0,3 mg vitamin E, dan 0,01 vitamin B1 dan B2. Vitamin B2 juga diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, kita juga mendapatkan potasium 18 persen dari yang dianjurkan.

Selain dikonsumsi dalam bentuk sayuran atau salad, cara paling praktis untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari wortel adalah membuatnya menjadi jus. Dalam satu gelas jus wortel (sekitar 250 ml) sudah mencukupi kebutuhan vitamin A harian.

Kebutuhan akan vitamin A ini sebaiknya tidak diabaikan, terlebih saat ini kekurangan vitamin A masih menjadi salah satu dari lima isu nutrisi utama di Indonesia.

Buavita

Buavita, produk minuman dari PT.Unilever Indonesia, belum lama ini meluncurkan produk terbarunya, Buavita Sunshine Carrot. Menurut Indriati Lim, Senior Brand Manager Buavita, varian terbaru ini terdiri dari perpaduan buah dan sayur alami yang kaya vitamin A dan C, seperti wortel, nanas, jeruk, dan mangga.

"Keseluruhan paduannya telah disesuaikan untuk memberi manfaat nutrisi yang saling melengkapi, dan tak kalah penting rasanya lezat dan menyegarkan," kata Indriati.

Ia menambahkan, kehadiran varian baru Buavita ini diharapkan bisa membantu banyak orang memelihara kesehatan matanya.

Selain melalui konsumsi buah dan sayuran, rawat indra penglihatan dengan cara menghindari paparan radiasi sinar ultraviolet karena ini dapat mempercepat proses degenerasi katarak. Cegah mata kering dengan lebih sering berkedip. Hindari bekerja di depan komputer atau interaksi dengan ponsel terlalu lama karena bisa memicu mata kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com