Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2015, 18:09 WIB
KOMPAS.com - Antioksidan merupakan zat yang dikenal dapat melawan penuaan, penyakit jantung, dan kanker. Antioksidan juga dapat mencegah efek kerusakan radikal bebas, sehingga itu berarti dapat menetralisir proses oksidasi dan kerusakan sel yang mengarah ke penuaan dan penyakit. Berikut ini lima sayuran kaya antioksidan yang baik untuk dikonsumsi:

1. Brokoli

Brokoli mengandung lebih banyak vitamin C dari jeruk dan juga mengandung kalsium. Phytonutrisi sulforaphane juga terdapat di dalam brokoli dan sudah ada penelitian yang membuktikan, bahwa ini mampu mengurangi risiko berbagai jenis kanker.

2. Tomat

Tomat mengandung salah satu sumber terkaya zat antikanker, yaitu lycopene. Lycopene disertai dengan sedikit lemak akan baik untuk penyerapan yang optimal. Baik memakannya begitu saja atau pun dalam bentuk saus, tomat baik untuk dikonsumsi.

3. Paprika merah

Ini termasuk sayuran yang dapat meningkatkan gizi di dalam tubuh. Selain itu, ia juga mengandung vitamin A, C, beta karoten, dan antioksidan, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta sangat baik untuk kesehatan kulit dan penglihatan.

4. Kubis

Kubis adalah sayuran yang mengandung antioksidan lainnya. Tidak hanya itu, kubis juga mengandung vitamin C, K, beta karoten, dan kaya akan kalsium. Kubis juga mengandung sulforaphane, yaitu zat kimia yang efektif dengan sifat antikanker.

5. Bit

Bit mengandung phytonutrisi yang disebut betalains. Kandungan di dalam bit memiliki sifat anti-oksidan, anti-inflamasi, dan detoksifikasi. Sayuran ini bermanfaat untuk kesehatan mata dan kesehatan jaringan saraf secara keseluruhan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com