Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2015, 19:15 WIB
KOMPAS.com - Ada satu hal yang sering menjengkelkan para wanita di seluruh dunia, usai bercinta para pasangan mereka langsung tertidur.

Sebaliknya, para wanita biasanya tak bisa langsung memejamkan mata dan masih ingin melanjutkan kemesraan.

Sebenarnya pria tak bisa disalahkan sepenuhnya. Langsung tertidur itu ternyata disebabkan karena peningkatan kadar hormon prolaktin. Hormon ini memang naik kadarnya usai ejakulasi.

Prolaktin akan menekan dopamin, neurotransmitter yang membuat kita merasa ingin melek. Hormon prolaktin pada wanita tidak setinggi itu setelah berhubungan seksual.

Tetapi, prolaktin bukan satu-satunya alasan mengapa rasa kantuk langsung muncul. Hormon bahagia, oksitosin, juga meningkat selama berhubungan seks sehingga semua hal yang membuat stres langsung dilupakan. Akibatnya, tubuh pun lebih rileks dan mata jadi mudah terpejam.

Jika Anda berhubungan seks dengan lampu menyala, tubuh akan memberikan sinyal jam biologis ini waktunya tidur. Ketika itu terjadi, hormon melatonin akan naik.

Saat prolaktin, oksitosin, dan melatonin, muncul bersamaan, tidur pun lebih mudah didapatkan dan tentunya lebih nyenyak.

Bagaimana jika kita tak ingin merasa lelah setelah bercinta? Sebaiknya Anda terjaga dulu sejenak. Mengobrol dengan pasangan bisa membantu kita tak langsung tidur.

Selain itu, jauhi tempat tidur usai bercinta. Otak kita terlanjur mengaitkan tempat tidur sebagai tempat untuk tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com