Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2016, 15:59 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Kabar gembira untuk Anda yang doyan makan bawang putih. Rempah-rempah yang hampir ada di setiap masakan Indonesia ini, tak hanya menambah cita rasa makanan, tetapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Bawang putih kaya akan yodium, belerang, kalsium, dan zat besi. Sejak dulu, bawang putih dikenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti diabetes, menurunkan kadar kolesterol, hingga masalah pencernaan.

Dengan aromanya yang tajam karena mengandung senyawa allicin, bawang putih bersifat antioksidan, bahkan dinilai memiliki kemampuan antibakteri dan antivirus pada tubuh.

Itulah mengapa bawang putih sebaiknya selalu ada dalam setiap menu makanan Anda. Berikut lima khasiat lain dari bawang putih seperti dikutip dari Boldsky.com

1. Mengobati asma
Makan beberapa siung bawang putih dinilai efektif mengobati asma. Serangan asma dapat dikurangi dengan makan bawang putih mentah setiap hari.

Kandungan Vitamin C pada bawang putih dapat menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kontraksi di bagian jalan napas.

2. Meningkatkan kesehatan tulang
Bagi wanita, konsumsi bawang putih dapat meningkatkan kesehatan tulang yang menurun karena berkurangnya hormon estrogen seiring bertambahnya usia.

Menurut sebuah penelitian terbaru, bawang putih dapat membantu dalam meningkatkan kepadatan tulang pada pasien yang menderita penyempitan dan pengerasan pembuluh darah.

3. Menyehatkan jantung
Bawang putih juga membantu melindungi jantung dari efek radikal bebas. Kandungan belerang pada bawang putih dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah karena bawang putih juga membantu menjaga elastisitas arteri.

4. Mengatasi radang tenggorokan
Bawang putih bisa menjadi obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan dan penyakit, karena udara dingin yang ringan lainnya. Sifat antibakterinya mengurangi infeksi tenggorokan atau mencegah penyakit saluran pernapasan menjadi lebih buruk. Selain itu, konsumsi rutin bawang putih juga mengurangi risiko penyakit bronkitis kronis.

5. Menangkal alergi
Bawang putih juga memiliki sifat anti-rematik dan anti inflamasi yang bisa menangkal alergi dan peradangan. Minum jus bawang putih mentah dipercaya dapat menghilangkan rasa gatal karena ruam atau gigitan serangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com