Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2016, 10:30 WIB

KOMPAS.com — Guratan putih di kulit sehingga mirip dengan kulit jeruk (stretch mark) menjadi masalah di kulit yang dapat mengurangi kepercayaan diri dalam penampilan. Beberapa faktornya adalah stres dan pertumbuhan kondisi fisik.

Ada produk-produk yang dijual untuk mengurangi masalah ini, tetapi kita bisa mengatasi stretch mark dengan pengobatan rumahan berikut ini:

- Kokoa butter

Kokoa butter yang diterapkan pada kulit yang mengalami stretch mark setiap hari selama minimal dua bulan dapat mengalami perubahan menjadi lebih baik. Setelah menerapkannya, pijat dengan lembut sekitar 10-15 menit. Hasilnya akan terlihat dalam jangka waktu satu hingga dua bulan. Cara lainnya, campurkan kokoa butter dengan minyak gandum, minyak vitamin E, kemudian panaskan campuran tersebut sebelum diterapkan pada kulit. Tutup dengan kain tipis dan biarkan beberapa saat.

- Castor oil

Castor oil atau minyak jarak digunakan untuk mengobati stretch mark. Pijat juga pada kulit yang diterapkan minyak jarak ini. Biarkan juga beberapa saat. Seperti halnya obat rumahan, hasilnya tidak dapat dilihat langsung. Dibutuhkan beberapa minggu atau bulan untuk menghilangkan bekas stretch mark.

- Putih telur dan minyak zaitun

Putih telur yang dikocok kemudian dioleskan pada kulit stretch mark dan biarkan hingga kering. Biarkan beberapa saat sebelum mencucinya. Setelah dicuci, oleskan minyak zaitun untuk menjaga daerah tetap lembab. Hal ini membantu menghilangkan stretch mark dan lakukan rutin selama beberapa minggu agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

- Alfalfa dan minyak chamomile

Campuran dua bahan ini dibentuk pasta dan kemudian oleskan pada kulit stretch mark dan pijat beberapa saat. Ulangi proses ini dua atau tiga kali dalam sehari untuk hasil maksimal.

- Gula

Gula, kapur, dan jus almon bila diterapkan pada kulit sehari-hari akan menghilangkan stretch mark dan membuat mereka memudar setelah beberapa saat.

- Jus kentang

Jus kentang yang dioles pada kulit stretch mark juga dapat menghilangkan bekasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com